Selasa, 17 Juni 2008

TIPS MERENCANAKAN PESTA ULANG TAHUN

Berikan tips tentang cara menyusun anggaran pesta ulang tahun. Entah itu ulang tahun Anda sendiri, atau mungkin pesta untuk anak Anda yang masih kecil.


Langkah 1: "Tentukan siapa saja yang akan diundang dan berapa jumlahnya"

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan siapa saja yang akan datang ke pesta ulang tahun Anda. Biasanya sih, kalau yang berulang tahun itu Anda, mungkin saja Anda akan mengundang tetangga-tetangga, teman serta saudara-saudara Anda. Kalau yang berulang tahun itu anak Anda yang masih berusia 5 tahun, mungkin Anda akan mengundang teman-teman sekolahnya di TK.

Setelah itu - ini yang paling penting - adalah membuat perkiraan tentang jumlah hadirin. Apakah 20 orang? 50 orang? Atau mungkin 100 orang? Atau, Anda mungkin akan mengadakan pesta ulang tahun sederhana dengan undangan sekitar 10 orang saja? Perkiraan jumlah tersebut akan sangat menentukan besar kecilnya rupiah yang harus Anda keluarkan nantinya.


Langkah 2: "Tentukan di mana Anda akan mengadakan pesta tersebut"

Setelah Anda mengetahui siapa saja yang akan Anda undang dan berapa perkiraan jumlahnya, hal kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan di mana Anda akan mengadakan pesta ulang tahun tersebut.

Bicara soal tempat, sebetulnya ada banyak tempat yang bisa Anda pilih untuk mengadakan pesta tersebut, salah satunya adalah di restoran favorit Anda. Tapi bicara soal harga, maka tempat paling murah yang bisa Anda pilih adalah di rumah Anda sendiri.

Mengadakan pesta di rumah, selain murah, biasanya Anda juga bisa lebih leluasa dalam mengatur agar pesta tersebut menjadi lebih meriah. Anda toh tinggal di situ, jadi ada hal yang Anda rasa belum beres, Anda bisa keluar dari kamar dan langsung membereskan ketidakberesan tersebut. Cuma ya itu, Anda harus siap dengan segala kerepotan yang mungkin ditimbulkan setelah acara. Seperti bersih-bersih rumah misalnya. Tapi, Anda mau pesta yang murah meriah kan?

Langkah 3: "Tentukan peralatan apa saja yang akan Anda gunakan"

Kalau orang yang Anda undang cukup banyak, coba lihat apakah Anda juga membutuhkan kursi tambahan? Ada beberapa tempat yang menyewakan kursi untuk acara-acara ulang tahun atau pernikahan. Jumlah yang Anda bayar biasanya disesuaikan dengan jumlah kursi yang Anda sewa, di mana tarif sewanya biasanya dihitung per kursi.

Sebagai alternatif, bisa juga Anda tidak memakai kursi, tapi cukup dengan menggelar karpet. Karpet umumnya lebih menimbulkan suasana santai. Tamu-tamu Anda bisa lebih relaks nantinya. Selain itu, juga lebih murah dibanding kalau Anda menyewa kursi. Yang penting, pastikan untuk membersihkan dulu debu di karpet Anda sebelum digunakan. Jangan sampai tamu Anda nanti malah bersin-bersin karena kemasukan debu karpet Anda.


Langkah 4: "Pilih makanan yang akan Anda sajikan"

Apa makanan yang akan Anda sajikan? Apakah makanan tersebut harus spesifik dari satu atau dua jenis makanan tertentu? Ataukah Anda akan menyajikan banyak sekali jenis makanan, hingga ­ misalnya ­ mencapai 7 variasi makanan? Perhatikan bahwa ­ bagi tamu Anda - penyajian dari banyak jenis makanan biasanya tidak akan jauh berbeda dengan kalau Anda menyajikan ­ misalnya - 3 variasi makanan saja. Dan alternatif sebanyak 3 variasi makanan bagi sebagian besar orang sudah cukup menimbulkan kesan "banyak". Tidak perlu hingga 7 variasi makanan, 6 atau bahkan 5.


Langkah 5: "Pilih kue-kue kecil dan minuman yang akan Anda sajikan"

Nah, kalau kue-kue, bolehlah Anda sajikan dalam jumlah yang agak banyak. Ini karena kue umumnya akan terus menerus disantap selama pesta, beda dengan makanan yang mungkin hanya akan dimakan dalam jangka waktu 20 menit saja. Nah, bayangkan kalau pesta Anda berlangsung selama 3 jam. Duapuluh menit di antaranya diisi dengan acara makan, sedangkan sisanya akan diisi dengan menyemil kue-kue yang disajikan.


langkah 6 : "menggunakan jasa Event Organizer untuk pesta ulang tahun"
pada langkah ini anda dapat memilih event organizer yang cocok untuk pesta ulang tahun anda, sehingga pesta ulang tahun anda akan berlangsung meriah dan lancar dan menarik Jasa EO yang anda pilih harus sesuai dengan budget anda dan harus berpengalaman

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action