Kamis, 26 Juni 2008

Tips Berwisata dengan Kapal Laut

Berwisata dengan menggunakan kapal laut, kapal pesiar atau kapal ferry sungguh mengasyikan. Selain kita dapat melihat pemandangan laut lepas, selat antar pulau, pun dapat menyaksikan langsung terbit atau terbenamnya matahari. Namun sebelum berwisata via transportasi air ini, sebaiknya simak beberapa tips Travel Club (TC) berikut ini.

A. Tentukan Destinasi

Sebelum memutuskan untuk berlibur, baik sendiri, bersama keluarga atau teman-teman, sebaiknya menentukan tempat wisata yang dituju. Jangan lupa untuk mencari informasi yang detail tentang tempat tersebut, bagaimana cuaca dan keadaan angin. Terlebih dengan menggunakan alat transportasi laut.

B. Waktu dan Jarak

Bepergian dengan kapal laut jelas memakan waktu yang lebih lama dibanding dengan menggunakan transportasi udara atau darat. Selain mengetahui kondisi laut yang aman untuk diseberangi, pastikan pula berapa lama anda berada di atas kapal tersebut Dengan begitu anda dapat menyiapkan hiburan bagi diri anda sendiri, seperti buku bacaan, MP3 Player atau mungkin portabel games dan dvd supaya perjalanan tidak membosankan.

C. Pelampung Keselamatan

Kenakan pelampung keselamatan (life jacket) saat berada di kapal laut, ferry, dan sebagainya. Tanyakan kepada nahkoda atau anak buah kapal tentang jumlah dan kondisi pelampung keselamatan. Jangan ambil risiko kalau kapal tersebut tidak menyediakan pelampung keselamatan.

D. Cegah Mabuk Laut

Salah satu penyakit umum yang kerap dialami penumpang kapal laut adalah mabuk laut. Namun tak perlu khawatir, ada beberapa panduan agar terhindar dari pusing-pusing atau bahkan mabuk laut, antara lain:

Siapkan Obat Anti Mabuk. Saran TC, bila ingin minum obat anti mabuk sebaiknya diminum satu jam sebelum kapal mulai berjalan, karena bila Anda minum saat kapal akan mulai jalan, maka obat itu tidak efektif.

Bila anda tidak terbiasa dengan Obat Anti Mabuk, coba anda hirup aroma dari minyak kayu putih, karena aromanya yang segar dapat mencegah anda dari mabuk laut.

Konon, bila anda mabuk laut cara ampuh untuk menghilangkannya adalah dengan menghirup angin laut pasti mabuknya akan hilang. Namun, bila anda ingin menghirup segarnya angin laut, jangan lupa untuk menggunakan jaket karena anginnya sangat kencang bila anda berada di buritan atau anjungan.

Main ke tempat Kapten Kapal. Tidak dilarang kok bila kita ingin mengetahui bagaimana sang kapten menjalankan kapal laut. Dengan begitu kita akan lupa kalau kita tengah mabuk laut.

Musik. Cara yang satu ini mungkin unik, namun terbukti ampuh untuk menghilangkan mabuk laut. Tentunya anda punya iPod atau MP3 Player. Begitu kapal mulai bergerak, anda mencari tempat duduk yang paling nyaman dan mulai pasang musik favorit anda, dengan begitu anda akan berkonsentrasi dengan alunan musik dan lupa bahwa anda sedang mabuk laut.

Semoga tips kali ini dapat berguna bagi anda yang ingin berwisata menggunakan alat transportasi laut. Happy Sailing.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action