Rabu, 25 Juni 2008

Bagaimana Memilih dan Merawat Elektrostatis Loudspeaker (ESL)

Oleh: Gayle Martin Sanders
Bagaimana membersihkan Loudspeaker dan merawat loudspeaker jenis ini? Gunakan saja sikat berbulu halus yang biasanya tersedia di agen penjualan ESL, dan disarankan tidak meletakkan loudspeaker langsung terkena sinar ultraviolet. Sinar UV langsung dari matahari akan menyebabkan kerusakan antara lain pada grill cloth dan konus speaker. Selain itu, kontaminasi dari asap dan debu dapat mempengaruhi membran elektrostatik dan ini menyebabkan diskolorasi dari diafragma panel, sehingga loncatan arus listrik terganggu. Inilah yang menyebabkan suara menjadi kletak..kletuk!


Untuk merawat peralatan sound system jenis ini, apabila tidak digunakan untuk periode yang lama, maka cabut kabel listik pada panel dan tutupi loudspeaker dengan plastik. Merupakan suatu ide yang baik jika saja digunakan vacuum untuk menyedot debu satu atau dua kali setahun.

Apasih keuntungan menggunakan Elektrostatis Loudspeaker?
Diafragma dari ESL akan digerakkan secara keseluruhan di permukaan, dengan demikian distorsi yang timbul pada frekuensi tinggi akan dieliminir.

Berapa besar daya amplifier / power sound system yang bisa digunakan, konon menurut cerita dibutuhkan daya yang besar?
Dulu begitu....karena sensitivitasnya rendah! Tetapi sesuai dengan perkembangan teknologi, saat ini loudspeaker mempunyai kepekaan tinggi, begitu pula ESL. Saat ini disarankan 100 - 200 watt per kanal baik untuk desain dari tube ataupun solid state, sementara daya listrik yang diperlukan oleh speaker untuk melakukan polarisasi hanya sebesar 5 watt saja.

Berapa jarak yang aman antara sound speaker dengan televisi?
Kami sarankan meletakkan speaker paling sedikit satu feet dari televisi.

Bagaimana jika ESL ada di daerah yang mempunyai tingkat kelembaban (humidity) tinggi?
Jika ruangan Anda ber-AC memang no..problem, tetapi jika tidak maka tingkat humidity akan mengganggu panel elektrostatiknya. Salah satu caranya seperti yang dikemukakan diatas, dengan menggunakan vacuum yang kuat untuk menghisap debu yang mengotori panel

Caranya ?
Melakukan vacuum akan lebih efektif jika ESL tidak diaktifkan paling sedikit enam jam atau semalaman. Dengan menggunakan vacuum ini, Anda dapat menghisap debu atau menggunakan kompresor untuk menghubuskan udara, hal ini tidak menjadi masalah bagi membran ESL.

Jadi agar produk tersebut awet, pemeliharaan dengan vacuum serta menghindarkan dari sinar matahari merupakan hal paling esential bagi Anda yang ingin mencoba loudspeaker berjenis Elektrostatik.


source : http://www.audiovideo.co.id

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action