Jumat, 27 Juni 2008

Video Shooting dan Editing Video (teknik video editing)

Mengapa Video

Dengan video kegiatan-kegiatan pengorganisasian masyarakat basis akan terekam lebih detil. Video selanjutnya dapat dibuat film dokumenter atau film semi dokumenter untuk berbagai keperluan, seperti laporan, media pengorganisasian masyarakat, kampanye dan sebagainya. Penonton atau pemirsa dapat menikmati video, karena tidak hanya menyaksikan gambar-gambar bergerak, tapi juga suara atau musik dari sebuah video.

Bagaimana membuat Sebuah Video
Untuk dokumentasi

Tim AV-PPSW yang bertugas mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pengorganisasian masyarakat basis melalui video selalu berkoordinasi dengan tim lapang --dimana aktivitas pengorganisasian masyarakat dilakukan-- untuk meliput momen-momen penting. Peliputan bisa juga dilakukan oleh tim lapang yang sudah mahir menggunakan kamera video, karena sudah mengikuti pelatihan shooting audio visual. Hasil liputan dari lapang ini kemudian dikomentasikan (filling) oleh tim AV untuk berbagai keperluan.

Untuk video dokementer

Tim yang terlibat dalam sebuah produksi, berdiskusi bersama untuk mempersiapkan naskah, story board dan menentukan pemeran, lokasi atau wilayah tempat pengambilan gambar. Tim yang terdiri dari sutradara, kameramen, bagian perlengkapan, dll, kemudian melakukan pengambilan gambar (shooting) sesuai dengan story board yang telah dipersiapkan. Hasil shooting ini kemudian dibawa ke studio AV-PPSW untuk dilakukan pengeditan gambar, dengan menambahkan narasi (voice over), sound FX, musik, sesuai dengan kebutuhan. Hasil final dari produksi ini disimpan dalam bentuk DVD, VCD, Mini DV dan VHS untuk didistribusikan maupun diberikan kepada pemesan.


source : http://www.ppsw.or.id

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action