Selasa, 24 Juni 2008

Kulit Pie Manis

Anda tentu tidak asing dengan pie. Ada bermacam-macam pilihan rasa pie, seperti: lemon pie, orange pie, meat pie, dan lain sebagainya. Semuanya tergantung kepada keinginan anda.

Membuat pie itu mudah. Apalagi kalau kulit pienya sudah tersedia. Variasi isinya bisa sangat beragam dari manis sampai gurih. Untuk membuat pie dengan isi yang manis, tentu kulitnya harus disesuaikan manis juga. Sedangkan yang asin, juga menggunakan kulit yang sesuai, yaitu kulit pie asin. Perbedaan dari keduanya adalah pada jumlah garam dan gula yang digunakan. Berikut resep dasar kulit pie manis.

BAHAN:
250 gr tepung terigu
125 gr mentega beku, potong dadu
50 ml air es
75 gr gula pasir halus
3 gr garam
1 btr kuning telur

CARA MEMBUAT:

1. Ayak tepung di meja datar, buat lubang di tengahnya, lalu masukkan mentega sambil diremas-remas perlahan dengan ujung jari sampai membentuk remahan-remahan seperti pasir.

2. Masukkan air, gula, garam, dan kuning telur, uleni hingga lembut.

3. Bulatkan adonan dengan membungkusnya terlebih dahulu dengan plastik lengket, diamkan 30 menit di dalam kulkas.

4. Adonan siap dipakai.

TIPS & TRIK:

1. Membuat adonan kulit pie ini lebih mudah kalau menggunakan pastry cutter ataupun food processor.

2. Bila menggunakan food processor, masukkan dulu bahan-bahan kering seperti tepung, gula dan garam, proses sekitar 5 detik, baru masukkan mentega, proses dengan tombol on-off sekitar 10-15 detik. Baru masukkan kuning telur dan airnya, proses sekitar 20-30 detik. Pindahkan ke meja datar dan uleni dengan pangkal tangan atau gilas hingga lembut.

3. Kalau mau lebih enak, tambahkan 50 gr kacang almond/mete bubuk dalam adonan kulit. Selamat mencoba resep pie tersebut.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action