Selasa, 24 Juni 2008

Tips Memilih Penyedia Jasa Liburan

Perkembangan teknologi informasi khususnya internet yang begitu pesat saat ini telah membuka peluang yang begitu lebar bagi para produsen baik penyedia maupun penyalur barang / jasa untuk memperluas area pemasaran mereka. Kemudahan yang banyak didapat oleh para pemakai internet (web surfer) telah memposisikan teknologi ini sebagai salah satu cara paling praktis dalam bertransaksi. Hal inilah yang menyulut ide para prodosen khususnya penyedia jasa liburan untuk ikut serta memeriahkan dunia cyber ini dengan membuka celah pemasaran online melalui media yang lebih dikenal dengan sebutan website.

Fenomena ini juga menimbulkan kebimbangan bagi para konsumen khususnya calon wisatawan yang membutuhkan layanan jasa liburan / tour and travel. Alhasil, para konsumen akan memberikan penilaian subyektif dalam memilih dan memilah para penyedia jasa / biro perjalanan tersebut. Umumnya pilihan konsumen / calon wisatawan jatuh pada produsen yang kelihatannya "dapat dipercaya". Sayangnya banyak konsumen / wisatawan merasa kecewa setelah memakai jasa dari produsen tersebut karena mungkin saja semua hal yang terjanjikan dalam toko online mereka tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Bahkan ada beberapa konsumen telah tertipu oleh penyedia jasa nakal yang tak jelas asal usulnya.

Berpijak dari fenomena inilah kata demi kata dalam artikel ini terangkai untuk anda. Walaupun mungkin kurang bermanfaat (karena liburan bukanlah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi), setidaknya dapat digunakan sebagai acuan sebelum memutuskan untuk bertransaksi lewat internet.

Berikut beberapa tips tentang memilih penyedia jasa liburan.

Pertama, pilihlah agen perjalanan atau penyedia jasa dengan latar belakang usaha yang jelas. Hal ini dapat diukur dengan membaca secara teliti profil dari penyedia jasa bersangkutan (biasanya dapat dicheck dihalaman about us, tentang kami, atau profil usaha). Akan lebih baik jika anda menaruh perhatian lebih kepada penyedia jasa dalam bentuk perusahaan ketimbang pribadi ataupun perseorangan.

Kedua, jangan mudah menaruh hati kepada penyedia jasa yang memikat anda melalui promosi yang menurut penilaian anda hal tersebut dilakukan dengan biaya yang cukup tinggi. Terkadang penyedia jasa nakal juga sering menempuh jalan ini untuk mengelabui opini calon wisatawan akan prestise semu mereka. Namun hal ini bukanlah patokan pasti, karena tidak semua promoter atau pemasang iklan memiliki tabiat serupa. Setidaknya anda lebih berhati-hati dan teliti sebelum membeli.

Ketiga, pastikan penyedia jasa pilihan anda memiliki info kontak yang jelas. Misalnya : alamatnya lengkap, punya nomor telepon dan juga fax, serta tersedianya nomor emergency / darurat yang dapat dihubungi kapan saja. Hindari penyedia jasa yang hanya mencantumkan no HP (seluler) dan atau alamat email saja, karena kedua jenis kontak tersebut dapat dirubah (diganti) kapan saja bahkan dengan jalan yang cukup mudah.

Keempat, konsentrasikan pilihan anda kepada penyedia jasa yang memberikan informasi secara detail dalam website mereka. Contoh : jika anda membutuhkan informasi tentang paket liburan, tentu saja website tersebut harus dapat menjelaskan kepada anda tentang hotel yang akan anda tempati, kegiatan wisata / tour yang akan anda ikuti, restauran yang akan anda singgahi, serta benefit lain yang akan anda dapatkan bila memesan paket tersebut.

Kelima, akan lebih baik bila anda memilih penyedia jasa yang memiliki layanan interaktif / dapat berkomunikasi secara online baik berupa chating, messenger (Yahoo! messenger, live messenger, Google talk, dll), ataupun webcam. Penyedia jasa dengan layanan ini mencerminkan bahwa mereka adalah produsen yang berani dan siap tempur.

Keenam, jangan pernah termakan rayuan penyedia jasa yang berpromosi melalui email yang masuk ke kotak surat anda dengan tanpa anda inginkan. Hal ini lebih populer disebut "spam", kecuali email tersebut datang dari news group yang anda ikuti (yahoo groups, google group, dll), forum diskusi, maupun newsletter yang telah anda daftar sebelumnya.

Terakhir, apabila anda telah menemukan penyedia jasa yang telah lulus 6 persyaratan diatas, hal terakhir yang patut anda lakukan adalah melakukan tes pemesanan produk. Lakukan pemesanan melalui email dan tunggu berapa lama respon yang diberikan oleh penyedia jasa tersebut terhadap pemesanan yang anda kirimkan, umumnya semakin cepat, semakin baik. Anda juga dapat melakukan pemesanan tiket wisata melalui telepon, sembari menguji kesigapan para penyedia jasa dalam menanggapi permintaan anda.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action