Jumat, 27 Juni 2008

Rencanakan liburan sekolah anak Anda dengan matang

Apakah Anda ingin berlibur dengan tenang? Rencana berlibur yang direncanakan dengan matang akan memberikan kepuasan bagi Anda, namun apabila Anda tidak merencanakannya maka masa liburan Anda akan berubah menjadi kekecewaan. Untuk menghindari semua itu terjadi maka ada baiknya Anda memperhatikan tips-tips berikut ini yang mungkin bisa membantu Anda untuk membuat liburan Anda menjadi saat yang menyenangkan.

Bila anda ingin berlibur tenang dan tidak terlalu ramai, ada baiknya Anda hindari hari-hari libur besar dimana pada saat itu semua orang biasanya pergi berlibur. Bila Anda perhatikan, berpergian pada saat-saat libur besar tersebut tiket pesawat & hotel sebagian besar penuh dan harganyapun melonjak tinggi dengan kata lain pengeluaran Anda akan menjadi banyak dan tidak banyak alternatif yang ditawarkan. Daerah-deaerah wisata akan penuh sesak dengan orang-orang yang juga ingin menikmati liburannya.

Oleh karena itu kalau Anda ingin berpergian murah dan tenang maka rencanakan perjalanan wisata Anda diluar hari-hari libur besar. Banyak penerbangan kosong serta hotel-hotel pun memiliki kamar kosong dan banyak penawaran-penawaran diskon serta paket murah yang ditawarkan. Lokasi-lokasi wisatapun tidak terlalu ramai dan tenang.

Apabila Anda melakukan perjalanan wisata menggunakan menggunakan pesawat udara, usahakan Anda tidak membawa paket oleh-oleh maupun makanan dibungkus ketat didalam tas Anda. Karena petugas keamanan & peraturan di beberapa bandara melarang pembawaan makan atau paket bungkusan ke dalam pesawat maupun di bagasi Anda, dan mereka biasanya akan meminta Anda untuk membuka bungkusan tersebut di bandara, dimana hal tersebut akan membuat perjalanan Anda sedikit terhambat.

Cobalah Anda mengirimkan paket oleh-oleh yang memakan tempat tersebut melalui jasa pos ataupun jasa pengiriman paket. Sehingga bawaan Andapun akan sangat ringan.

Sebaiknya Anda memperhitungkan pendanaan perjalanan wisata Anda secara matang. Lihat informasi negara tujuan maupun daerah tujuan wisata, harga untuk hotel, serta kalau ingin melakukan perjalanan sendiri berkeliling cari informasi biaya transportasi lokal. Dengan pemesanan tiket serta akomodasi/hotel lebih awal akan mempermudahkan Anda untuk mendapatkan banyak alternatif dan Anda bisa meminta pendapat dari staff reservasi dimana Anda melakukan pemesanan. Apabila Anda mengambil paket wisata, konsultasikan serta tanya sedetailnya tentang paket tersebut kepada pihak travel agen sehingga Anda tahu secara detail apa yang perlu Anda siapkan dan lakukan selama perjalanan wisata.

Anda perlu mencari informasi lebih detail di internet mengenai lokasi, tempat yang bagus dikunjungi serta iklim dan makanan lokal. Anda juga perlu aktif menanyakan hal-hal lebih terperinci tentang lokasi tujuan wisata Anda dengan orang lain yang pernah melakukan perjalanan kesana sehingga Anda tidak terlalu.

Ingat selalu akan dokumen perjalanan Anda, simpan dengan aman, apabila Anda melakukan perjalanan sendiri selalu siapkan tas kecil untuk menyimpan dokumen Anda (apabila perlu tas gantung yang bisa Anda kalungkan ke leher dan dimasukkan ke dalam jaket atau baju anda), karena Anda perlu memperhatikan faktor keamanan selama perjalanan Anda.

Anda juga perlu memperhatikan alamat serta nomor kantor kedutaan/Konjen sehingga apabila Anda mendapatkan masalah Anda bisa meminta bantuan serta informasi dari staff kedutaan/konjen. Catat pula nomor telepon serta alamat tempat anda menginap, sediakan dan bawa selalu peta perjalanan (biasanya di airport diberikan peta gratis untuk wisatawan).

Hindari makanan-makanan yang tidak Anda ketahui apabila Anda memiliki sejarah penyakit alergi. Jika Anda perlu meminum obat selam perjalanan, sebaiknya Anda memperhatikan efek samping obat tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bawalah obat-obatan yang diperlukan untuk pertolongan pertama. Apabila Anda sedang dalam pengobatan selalu ingat membawa tas kecil berisi obat-obat Anda, lengkap dengan surat keterangan dari dokter Anda

yang menyatakan Anda perlu mengkonsumsi obat-obatan tersebut apabila diperiksa oleh pihak keamanan. Apabila Anda berpergian dengan paket, informasikan bawaan Anda serta penyakit yang Anda derita kepada pihak travel agen sehingga pihak travel agen pun mengetahui tindakan apa yang perlu dilakukan dan bantuan yang perlu diberikan untuk Anda.

Ada perlu menyediakan uang kecil untuk tips dan kembalian karena di beberapa negara kembalian dengan uang pas sangat diperhatikan. Bawa juga kartu kredit yang bisa di terima secara internasional dan juga mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membawa SIM Anda bila diperlukan untuk menyewa kendaraan sendiri (perhatikan perjanjian serta deposit yang perlu Anda bayarkan untuk menyewa kendaraan tersebut).

Semoga perjalanan Anda menjadi menyenangkan dengan beberapa tips diatas.

source : http://www.antatour.com/

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action