Selasa, 24 Juni 2008

Tips Memilih Software Perdagangan

Beberapa tips agar anda tidak salah pilih dalam membeli software perdagangan sebagai berikut :

  1. Mintalah presentasi tentang software yang akan anda beli dari penyedia software apabila memungkinkan.
  2. Mintalah software demo atau download software demo beserta user’s guide-nya apabila situs penyedia software tersebut menyediakan.
  3. Periksalah kelengkapan menu yang anda butuhkan, misalnya pembelian, penjualan, laporan-laporan, akuntansi, gudang, manajemen produk, online antar cabang dan analisa yang disediakan software tersebut.
  4. Cobalah fasilitas-fasilitas tersebut sesuai petunjuk penggunaan yang diberikan, pastikan semua berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan anda.
  5. Periksalah database yang digunakan software tersebut, karena database sangat menentukan kemampuan penyimpanan dan pengolahan data anda. Pilihlah database handal yang mampu mengolah data sangat besar.
  6. Jika anda ingin berhemat pilihlah database free (tidak berbayar) dan jangan sekali-kali memilih database ilegal yang nantinya merepotkan anda ketika terjadi sweeping.
  7. Pastikan bahwa anda akan mendapatkan harga software yang lebih murah jika anda hanya membutuhkan sebagian fasilitas yang disediakan, sehingga anda tidak perlu membayar fasilitas yang tidak anda butuhkan.
  8. Pastikan software tersebut sudah dirilis lama dan dipakai oleh banyak perusahaan, hal ini sebagai salah satu indikator kecilnya bug (error), bila perlu anda tanyakan kepada beberapa pengguna software tersebut tentang kehandalannya.
  9. Pastikan bahwa software tersebut dapat terus diupgrade dengan mudah setiap keluar versi terbaru. Tanyakan juga tentang prosedur upgrade beserta biayanya.
  10. Tanyakan layanan purnajual yang anda dapatkan, karena anda akan memakai software tersebut dalam waktu yang relatif lama.
  11. Tanyakan batasan, layanan dan jangka waktu garansi software yang anda dapatkan.
  12. Tanyakan adakah Main Dealer atau Service Center dikota / di daerah anda.
  13. Jika tidak ada Main Dealer/Service Center dikota/didaerah anda, tanyakan apakah penyedia software bisa melakukan service jarak jauh apabila terjadi kendala dalam pemakaian.

Dengan tips di atas mudah-mudahan anda mendapatkan software perdagangan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action