Kamis, 12 Juni 2008

Tips Membuat Password yang Baik

Password merupakan salah satu cara untuk mengamankan suatu sistem komputer. Sistem komputer ini bisa berupa aplikasi, database ataupun sistem operasi komputer. Oleh karena itu menentukan password sebaiknya jangan sembarangan dan harus memperhatikan beberapa hal tertentu.Dalam program komputer, password harus dibuat dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Setidaknya panjang karakter password adalah 7 (tujuh) karakter. Anda juga bisa membuat password yang lebih panjang lagi demi keamanan dalam setiap program komputer.

Karakter password tersebut sebaiknya berisi karakter-karakter dari tiga kelompok berikut ini.

Menggunakan sedikitnya 1 (satu) karakter simbol pada deretan karakter password Anda.

Jika sistem Anda menerapkan password history, maka pastikan password baru Anda selalu berbeda jauh dengan password sebelumnya.

Password Anda jangan sampai mengandung nama atau username.

Jangan gunakan kata-kata yang umum digunakan pada karaktar password. Ini termasuk kata-kata yang digunakan dalam kamus.

Beberapa contoh password yang kuat misalnya sebagai berikut.

a4$Jhi&]

3k>i%uA

O@u#5nQ

Password sebenarnya merupakan sistem proteksi yang paling lemah dalam sistem komputer. Maka dari itu memilih password yang kuat merupakan suatu keharusan. Mengapa demikian? Tool password cracking semakin canggih dalam usahanya membongkar password, plus juga program komputer yang digunakan dalam password cracking semakin baik performanya. Password yang sebelumnya butuh waktu seminggu untuk di-crack, maka saat ini bisa di-crack hanya dalam beberapa jam saja.

Software komputer untuk meng-crack password biasa menggunakan tiga macam pendekatan yaitu: menebak secara pintar (intelligent guessing), serangan kamus (dictionary attack) dan juga otomatisasi yang berusaha mencoba untuk menggunakan kombinasi karakter. Jika diberi waktu yang cukup, maka metode belajar komputer otomatisasi tersebut bisa meng-crack password apa saja. Tetapi jika password yang digunakan sangat kuat, maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memecahkannya.

Demikian tips singkat mengenai membuat password yang baik dan kuat dengan menggunakan program komputer yang ada. Semoga bermanfaat bagi Anda semua..


Sumber : habeahan

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action