Jumat, 04 Juli 2008

BELAJAR FOTOGRAFI

Secara mendasar, fotografi berarti teknik melukis dengan cahaya. Mempelajari teori dasar fotografi bisa dilakukan dalam semalam. Tapi semua itu tidak berhenti sampai di situ saja. Satu hal yang wajib dilakukan jika ingin belajar fotografi adalah mempraktekan teknik fotografi yang telah didapat. Jangan pernah malas untuk mengasah kemampuan dalam dunia fotografi. Karena semakin banyak berlatih maka kemampuan pun semakin meningkat.

Sebelum mengambil gambar sebuah objek, ada banyak hal yang harus diperhatkan. Yang utama kita harus dapat dengan cepat mengenali karakteristik objek foto. Apakah gambar objek tersebut diam atau bergerak. Teknik yang digunakan untuk kedua objek ini berbeda.

Untuk mengambil foto objek bergerak dituntut skill yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan memfoto objek diam. Misal: untuk objek bergerak cepat seperti balapan motor atau mobil. Posisi yang tepat untuk memfoto adalah di tikungan karena pembalap akan mengurangi laju kendaraannya saat berbelok. Kecepatan objek yang akan difoto pun melambat. Sedangkan dilihat dari estetika, posisi belokan lebih banyak action yang menarik.

Sedangkan, saat mengambil foto dengan objek diam, dituntut kemampuan lebih untuk mengeset pencahayaan dan komposisi. Tujuannya tentunya tidak lain agar kualitas foto yang dihasilkan enak dilihat dan bermakna.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action