Jumat, 18 Juli 2008

Tips Menyimpan Busana

Tak jarang kita sembarangan dalam menyimpan koleksi busana yang kita miliki. Padahal masing-masing jenis bahan busana perlu perawatan tersendiri, kalau tidak ingin busana kesayangan kita itu cepat rusak.

Nah, agar hal itu tidak terjadi pada koleksi busana kita, ada baiknya mengikuti tips menyimpan busana di bawah ini, tentunya sesuai dengan jenis bahan pakaian:

1. Busana jas, blazer, dan jaket yang terbuat dari bahan sejenis katun, drill, wol, linen, atau polyester sebaiknya disimpan dalam keadaan tergantung. Sebaiknya, gunakan hanger yang terbuat dari kayu atau yang memiliki bantalan busa untuk menjaga bentuk busana khususnya bagian pundak.

2. Busana pesta seperti ball gown, stola, selendang, dan koleksi kebaya wajib digantung. Beri jarak antar hanger, sehingga busana tidak mudah kusut.

3. Busana seperti kain songket jangan dilipat, tetapi digulung bersama selapis kertas roti, atau bisa juga digantung dengan hanger.

4. Bahan pakaian yang terbuat dari rajutan seperti cardigan atau sweater, atau busana berbahan stretch lebih baik dilipat saja. Pasalnya jika digantung, daya tarik bumi dapat membuat rajutan menjadi melar dan berubah bentuk.

5. Busana-busana santai seperti kaos atau celana pendek, sebaiknya dilipat saja untuk menghemat tempat. Dan perlu diingat, jumlah lapisan susunan pakaian tidak lebih dari 10 susun. Tentu ini akan memudahkan kita saat mengambil baju di antara tumpukan.

6. Pakaian dalam sebaiknya diletakkan di dalam laci saja. Contohnya laci berukuran panjang 55 cm, bisa memuat dua deret pakaiaan dalam. Meletakkan pakaian dalam pada laci memudahkan kita mengambil yang berada di deretan belakang karena laci dapat ditarik keluar seluruhnya.

7. Untuk kaus kaki dan stocking sebaiknya dilipat saja, jangan digulung seperti bola supaya tidak berubah bentuk.

8. Menyimpan dasi sebaiknya jangan digulung, karena dapat dipastikan bekas gulungan akan membekas. Kita dapat memakai gantungan dasi yang dipasang di dinding lemari pakaian dan dapat ditarik keluar.

9. Bagi yang memiliki kerudung simpan saja dalam keadaan terlipat atau boleh juga digantung dalam keadaan terlipat.

Jadi, coba sekarang lihat lagi lemari Anda, siapa tahu koleksi busana kesayangan Anda belum disimpan sebagaimana mestinya.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action