Sabtu, 19 Juli 2008

Tips Memilih Nama Domain

Domain name atau nama domain merupakan suatu salah satu hal yang mempengaruhi kinerja suatu website, semakin bagus sebuah nama domain maka website menjadi lebih terkenal dan lebih banyak dikunjungi oleh banyak orang.

Berikut beberapa tips memilih nama domain:

1. Mengandung Keyword
Domain yang bagus biasanya mengandung keyword atau bisa dikatakan nama domain tersebut mempunyai hubungan dengan isi website.
Contoh : apabila mempunyai website yang berisikan tentang Google Adsense, maka sebaiknya kita membuat domain seperti adsense-id.com, adsenseku.com, puthzel-adsense.com dsb (nama-nama tersebut hanya contoh saja).

2. Mudah Diingat
Menurut riset, nama domain yang bagus terdiri dari 1 hingga 3 suku kata dan hurufnya mudah diingat. Mungkin Anda bisa melihat daftar domain yang ada sebagai masukan nama domain Anda. Namun tentunya jumlah domain tersebut sangat banyak. Contoh : Digg.com, Art.com, Yahoo.com, Google.com, Detik.com, Puthzel.com, Telkom.net dsb.

3. Memiliki Sedikit Huruf
Semakin sedikit huruf suatu domain (paling sedikit 3 huruf), maka akan dihargai lebih mahal oleh orang yang membeli domain jika anda berniat menjualnya suatu saat nanti. Namun perlu diketahui bahwa domain-domain yang terdiri dari 3 huruf sudah sangat sulit untuk membuatnya yang baru, kecuali anda berniat untuk membelinya dari orang yang memiliki nama domain tersebut.

4. Unik
Nama domain yang unik, asing atau belum pernah terdengar sebelumnya dapat juga dikategorikan sebuah domain bagus, asalkan websitenya berisikan hal-hal yang menarik, terutama gratis.
Contoh : nama Digg, Yahoo dan Google merupakan hal-hal yang asing terdengar di telinga kita, namun kata ini sekarang mempunyai arti yang penting bagi peradaban dunia, khususnya di internet, karena kata tersebut membuat suatu "ciri khas" tersendiri di internet.

5. Dicari Oleh Banyak Orang
Apabila ingin cepat terkenal, coba buat suatu domain dari kata yang sedang ngetop saat ini, sedang dicari-cari orang di berbagai search engine, atau akan dibutuhkan oleh banyak orang.
Contoh: ada sebuah perusahaan yang akan mengeluarkan produk terbarunya dan diperkirakan produk tersebut akan booming dan laris di pasaran. Nah apabila produk tersebut dibuat websitenya maka kemungkinan besar website tersebut akan dikunjungi oleh banyak orang di internet untuk mencari keterangan produk tersebut.

Bukan hanya produk atau barang saja yang dapat dijadikan nama domain, nama orang, tempat dan sebagainya pun dapat dijadikan nama domain.

6. Hindari Sulit Pengucapan
Usahakan nama domain yang dipilih selain mudah untuk diingat, coba usahakan hurufnya tidak sulit untuk diucapkan dan mudah diketikkan.
Contoh: bagi orang yang tidak atau belum mengenal Google akan kesulitan dalam hal mengingat dan mengetikkannya pada address di browser, terkadang ada yang mengetikkan : gogle, gugel, googel, gogel dsb. Tapi khusus untuk Google dan situs-situs lain yang sudah terkenal, hal ini tidak akan menjadi suatu masalah yang berarti, karena ketika salah mengetikkan nama di address bar, biasanya akan keluar website lain atau search engine yang akan mengarahkan pengunjung ke situs aslinya.

7. Memiliki Extension .com
Iseng-iseng main ke berbagai situs, salah satunya di http://www.webmasterworld.com/forum25/614.htm, ternyata di sana juga membahas domain name extension atau berakhiran .com yang cenderung lebih terkenal dari extension lainnya, misalnya .net, .org, .info, .us, co.id, dan extension lainnya.

8. Murah, Bahkan Gratis
"Boleh murah asal jangan murahan". Maka itu carilah penyedia domain yang berkualitas, profesional dan terpercaya yang menyediakan domain murah.

Tambahan :
Jika dahulu situs Leapfish.com masih aktif, maka tidak sulit untuk menentukan harga perkiraan (appraisal) sebuah nama domain walaupun nama domain tersebut belum dibuat atau belum pernah ada.

Namun karena sekarang situsnya sudah berganti dengan situs lain, maka untuk menentukan perkiraan harga domain sangat sulit, karena kebanyakan harus MEMBAYAR terlebih dahulu. Namun ada cara lain dalam hal menghitung perkiraan harga suatu domain, untuk caranya bisa dilihat di situs http://www.webmasterworld.com/forum25/614.htm atau bisa mengunjungi situs http://www.swiftappraisal.com untuk memudahkan dalam hal penghitungan.

Namun apabila situsnya telah selesai dibuat, coba cek berapa perkiraan harganya di situs http://dnscoop.com dan silakan lihat statistik yang lainnya.

Semoga dengan tulisan ini, anda dapat membuat suatu nama domain yang bernilai tinggi, baik untuk digunakan ataupun untuk dijual lagi atau istilahnya jual beli domain seperti yang dilakukan di situs Sedo.com atau NamePros.com.
Mari kita membuat website yang memiliki domain & isi yang bagus dan positif, yang berguna bagi bangsa, agama dan berguna untuk orang banyak, Amin.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action