Sabtu, 19 Juli 2008

Memilih Aksesori Mutiara

Anggun dan klasik, kesan itulah yang terpancar dari perhiasan mutiara. Selain itu, mutiara juga ’serba cocok’ dipadupadankan dengan busana. Dengan gaun atau longdress, misalnya, mutiara seperti berjodoh. Namun dipasangkan dengan business suit pun, mutiara mampu memancarkan rona elegan.

Saat ini banyak orang yang melakukan budidaya mutiara. Bagi Anda yang berencana untuk membeli aksesoris mutiara (perhiasan, kalung mutiara, dll), ada baiknya simak dulu beberapa tips berikut ini:

* Putuskan dulu jenis mutiara apa yang anda inginkan: yang asli dengan warna natural (putih khas-red), mutiara berwarna, atau imitasi. Pilihan pertama tidak mudah dijumpai di sembarang toko, selain harganya juga lumayan. Sedangkan harga mutiara jenis terakhir relatif terjangkau, gampang dijumpai, tapi nilainya rendah.

* Lihatlah ukurannya. Ukuran mutiara berpengaruh pada harganya, semakin besar ukurannya, semakin mahal harganya (untuk mutiara asli). Begitu juga bentuknya: mutiara bulat lebih mahal ketimbang mutiara asimetris atau lonjong persegi.

* Jika ingin perhiasan mutiara yang Anda kenakan cocok dipadankan dengan seluruh busana yang Anda miliki, maka pilihlah mutiara warna natural, putih. Banyak pilihan warna mutiara saat ini, seperti kuning, hitam, dan abu-abu. Mutiara berwarna eksotis asli dari alam — umumnya kehitaman — harganya cukup mahal dan cocok untuk penampilan resmi Anda. Untuk penampilan sehari-hari dan disesuaikan dengan warna baju, Anda bisa memilih mutiara imitasi yang harganya lebih murah.

* Jika untaian mutiara menggunakan logam mulia, pilihlah paduan mutiara dengan emas putih. Penggunaan emas kuning membuat penampilan aksesori secara keseluruhan terkesan ‘meriah’, jauh dari kesan anggun dan elegan yang diharapkan.

Bagaimana membedakan mutiara imitasi dengan mutiara asli?

-Tes standar untuk mengukur otentiknya sebuah mutiara adalah dengan menggigitnya dengan gigi depan Anda. Mutiara asli akan terasa sedikit seperti pasir, sedang mutiara palsu terasa lembut dan halus.

-Lihat dan rasakan. Mutiara yang terlihat tanpa cacat, sangat sempurna bentuknya, dan selalu cemerlang ketika Anda timang-timang di tangan maka mutiara itu mungkin palsu.

-Lihat dengan kaca pembesar (loupe). Mutiara imitasi kelihatan berbutir-butir

-Mutiara yang harganya sangat murah bisa dipastikan palsu.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action