Selasa, 15 Juli 2008

Tips Mengelola Katering

Usaha katering sebetulnya adalah usaha yang pasarnya berdasarkan selera. Anda tentunya mengerti bahwa kalo Anda membuat usaha katering. Selain selera, hal lain yang biasanya harus diperhatikan adalah kebersihan. Tentunya Anda harus sangat memperhatikan kebersihan makanan, karena bisnis Anda berhubungan dengan makanan dan orang sangat berkepentingan terhadap tingkat higienis dari makanan yang akan mereka makan. Sepertinya itu mudah. Tapi yang mudah ini yang biasanya diremehkan oleh orang.

Misalnya saja dalam penyajian makanan berkuah ada beberapa usaha katering tidak menyediakan plastik pembungkus sehingga kuah makanan tersebut belepotan atau ada beberapa usaha katering menambahkan tisue sebagai tambahan sehingga tercermin bahwa usaha mereka bersih. Yah masih banyak cara lain yang bisa dicoba.

Nah yang lain yang biasanya diminta oleh orang yang memesan kepada Anda adalah variasi menu katering. Walaupun bahan makanan yang Anda tawarkan mahal harganya, tapi kalo jenis makanan tidak pernah berubah, susah menarik perhatian. Kalo hari ini ayam ya besoknya telur, terus ikan dan lain-lain. Kalo hari ini makanan pedas ya besok makanan manis atau sedikit asam dan lain-lain. Anda bisa belajar membuat resep makanan baru.

Hal terakhir juga yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana mengelola keuangan dalam usaha Anda. Yang jelas, coba sesuaikan penggunaan modal kerja Anda (uang yang digunakan untuk membeli bahan makanan) dengan perkiraan ramai tidaknya permintaan pada masa-masa tertentu. Jangan lupa untuk tidak tergoda menghabiskan semua pemasukan Anda untuk dibelikan bahan makanan, atau dipakai untuk keperluan pribadi.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action