Kamis, 24 Juli 2008

Tips Menjadi Pinter Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris memerlukan keseriusan lho, namun kalo dibikin fun, maka akan sangat menyenangkan. Berikut ini tips-tips buat teman2 yah. Semoga bermanfaat.

Belajarlah Setiap Hari

Cobalah untuk mengelokasikan beberapa saat setiap hari untuk pelajaran kita, Idealnya saat otak Seveners sedang bisa menerima dengan baik. Ingatlah, lebih baik belajar 30 menit per hari dibandingkan 3 jam per minggu. Jika kalian dapat menyediakan waktu sejam per hari, cobalah untuk membaginya menjadi 2 atau 3 sesi.

Fokus Pada Hal yang Menarik

Begitu Seveners sudah memahami dasar-dasar sebuah bahasa, segeralah praktekkan baik membaca artikel bahasa inggris/menulis bahasa inggris/bicara mengenai hal yang menarik bagi Seveners. Dengan cara ini, anda akan lebih mudah memngingat kata-kata, frase dan gramatikal.

Pake Musik

Senang ngedengerin musik? Ikutan Indonesian Idol tapi belum berhasil masuk? Nah daripada stress, pakai aja tuh hobi buat belajar bahasa Inggris. Mau tau caranya? Baca terus yah….

Kalau kamu seneng nyanyi tapi gak terlalu berminat sama bahasa Inggris, coba deh kamu mulai mencari lagu-lagu yang berbahasa Inggris.

Sekarang saya akan menyampaikan beberapa tips yang semoga bisa bermanfaat buat kamu dalam mempelajari bahasa Inggris lewat lagu:

  1. Pilih lagu yang Seveners sukai dan tentu saja penyanyinya juga lah.
  2. Pilih lagu yang slow aja. Kenapa? Karena biasanya lagu slow lebih mudah ditangkep kata-katanya, cari juga lagu yang gak terlalu keras musik pengiringnya.
  3. Cari teksnya, tetapi terlebih dahulu coba kamu dengerin dan tebak lirik lagunya, ini akan melatih logika bahasa dan listening kamu secara otomatis. Setelah kamu coba bikin lirik kamu coba cocokin sama lirik lagu yang sudah kamu peroleh. Cocok? Bagus. Kamu bisa cari lirik lagu di internet, caranya: googling aja pake keyword “lyrics”.
  4. Coba ikut menyanyikan semirip mungkin dengan penyanyinya, hal ini akan melatih pronounciation temen sekalian.
  5. Kalau nemu kata-kata yang kamu gak ngerti, langsung cari di kamus, dan pake sesering mungkin dalam praktek ngomong. Biasanya lirik lagu diambil dari kata-kata yang sering dipakai, jadi kamu mestinya bisa mencoba mempraktekkannya sehari-hari. Kalau kamu ndak ada kesempatan praktek, coba aja buat kalimat sendiri dalam hati kamu. Hal ini akan membantu kamu dalam mengingat kata-kata baru tersebut lho. Nah dari sini, mustinya vocab kamu makin baik.
  6. Terakhir, usahain jangan beli bajakan, biar kualitas suaranya bagus dan gak bikin kuping sakit.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action