Rabu, 16 Juli 2008

Mempersiapkan Pesta Ulang Tahun Si Kecil

Si kecil Anda sebentar lagi akan berulang tahun. Sebagai orangtua, tak ada salahnya jika Anda 'sedikit' repot mempersiapkan pesta ulang tahun yang menyenangkan untuknya.

Nah, agar pesta ulang tahun si kecil berjalan lancar dan menyenangkan sesuai rencana. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Apa sajakah?

Sebulan sebelum hari H

  1. Tentukan berapa budget yang akan Anda siapkan. Sebab besarnya budget akan membantu Anda menentukan jenis serta bentuk pesta yang akan Anda buat untuk si kecil.

  2. Buat tema sesuai dengan budget Anda. Misalnya pesta kebun, merayakannya di restoran, pesta kostum atau merayakannya di sekolah bersama teman-teman dan gurunya.

  3. Buatlah daftar tamu serta teman-teman si kecil yang akan diundang. Jangan lupa, karena ini adalah pesta anak maka orangtua atau pengasuhnya juga akan ikut hadir menemani.

  4. Untuk kelancaran pesta, mintalah bantuan keluarga lain untuk mengawasi jalannya pesta.

3 hingga 2 minggu sebelum pesta
  1. Rencanakan lalu segera memesan hidangan apa yang akan disajikan. Pilih kue ulang tahun dan kue-kue kecil serta minuman apa saja yang akan Anda sajikan. Pilih makanan yang sesuai dan familiar dengan selera anak-anak. Jangan hanya menyediakan menu utama yang berat-berat. Hidangkan juga buah, snack, cokelat, es krim, puding, dan gula-gula.

  1. Mulailah membeli barang-barang yang sifatnya tahan lama. Seperti, barang-barang yang akan digunakan sebagai goodie bag, membeli atau membuat sendiri kartu undangan, membeli dekorasi pesta, memesan badut atau sulap ulang tahu serta menyiapkan baju pesta si kecil.

  2. Memesan tempat pesta jika pesta ternyata tidak diadakan di rumah.

  3. Memesan kue tart jika memutuskan untuk tidak membuatnya sendiri. Lebih menyenangkan bagi si kecil jika Anda ikut melibatkannya dalam pemilihan kue tart.

  4. Buat rancangan permainan dan susunan acara yang tidak membosankan. Sesuaikan jenis permainan dengan usia anak dan teman-temannya. Persiapkan lebih dari satu permainan. Jadi, jika rencana A tak berjalan mulus, Anda masih punya cadangan.

  5. Mulai kirimkan undangan kepada teman-temannya.

3 hari sebelum hari H

  1. Siapkan semua alat dokumentasi yang akan dipergunakan. Seperti hndycam atau kamera. Jangan lupa untuk mengecek baterainya.

  2. Hubungi ibu guru si kecil dan minta bantuannya untuk mengingatkan kembali tentang pesta ulang tahun yang akan Anda adakan kepada teman-teman si kecil.

  1. Telpon katering tempat Anda memesan makanan serta toko tempat Anda memesan kue tart untuk memastikan pesanan Anda bisa diantar tepat waktu.

  2. Telpon juga badut ulang tahun serta tukang sulap untuk memastikan kedatangannya.

  3. Mulailah mendekorasi tempat acara.

  4. Buatlah susunan acara secara terperinci.


Saatnya Berpesta!

  1. Beberapa jam sebelum acara ulang tahun dimulai, cek persiapan si kecil.

  2. Periksa dekorasi ruangan, persiapan makanan serta kursi untuk undangan.

  3. Jalankan rencana pesta dengan sempurna.

  4. Jangan lupa, berikan si kecil kejutan dengan memberikan hadiah ulang tahun yang selama ini ia impikan!




0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action