Jumat, 25 Juli 2008

Memberikan Hadiah yang Berkesan

Setiap kali ada kesempatan untuk memberikan hadiah ulang tahun, hadiah pernikahan, hadiah khitanan untuk seseorang, aku berusaha untuk memberikan hadiah yang berkesan . Hadiah2 itu tidak harus sesuatu yang mahal. Lebih seringnya, aku mengumpulkan beberapa hadiah kemudian aku buatkan semacam parcel. Contohnya parcel di atas, hadiah yang akan aku berikan buat seorang teman yang baru melahirkan. Hadiah sebanyak itu aku tidak sampai mengeluarkan lebih dari $10. Karena aku lebih percaya meskipun harga barangnya murah (kena cuci gudang atau sedang obral), tapi kalau dikemas menarik, hati siapa yang tidak bahagia menerimanya.

Dalam memberikan hadiah, perlu diingat juga dalam rangka apakah hadiah itu diberikan. Misalnya temanku yang baru saja melahirkan. Biasanya hadiah2 untuk ibu yang baru punya bayi adalah perlengkapan bayi. Jarang sekali si ibu mendapat hadiah juga. Seakan2 si ibu kurang diingat atau dihargai. Maka dari itu, aku selalu menggabungkan hadiah untuk si bayi & si ibu. Seperti contoh di atas, si ibu mendapatkan 3 lap piring, sebotol sabun mandi cair, & lotion. Untuk si bayi cukup 2 potong pakaian. Selain itu, aku sengaja memilih wadah tertentu yang bakal berguna, misalnya wadah plastik yang aku pakai di atas. Si ibu bisa meletakkan beberapa keperluan bayi seperti bedak, minyak telon, popok dsb di situ di kemudian hari.

Contoh lainnya adalah sewaktu putriku diundang ulang tahun kawannya. Aku ingin sekali memberikan hadiah yang menyenangkan sekaligus menumbuhkan kreatifitas anak. Banyak mainan yang masuk kategori ini. Tetapi pilihanku adalah 3 buah paket prakarya untuk anak. Jangan lupa, saat memilih hadiah untuk anak, selalu diingat usia anak karena menyangkut keselamatan. Misalkan hadiah berupa barang2 kecil diberikan untuk anak di bawah 3 tahun, itu tidak benar. Hadiah2 yang aku pilih di bawah, baru setengah jadi. Si penerimanya harus merakit & membuatnya menjadi utuh kalau dia ingin hadiahnya itu bisa dinikmati. Lalu, ada bagusnya juga kita memiliki tema tertentu saat mengemas hadiah2 tersebut. Sebagai contoh, aku memilih segalanya serba biru & ungu untuk kawanku yang baru melahirkan bayi laki2. Dan untuk kawan putriku, aku pulihkan warna jingga/oranye. Tidak lupa untuk kawannya itu semua hadiahnya aku letakkan ke dalam wadah kaleng yg ada tutupnya. Jadi kemasannya nanti bisa digunakan untuk si anak menyimpan barang2nya.

Dalam memberikan hadiah setidaknya kita memberikannya dengan kemasan hadiah yang indah seperti di masukan dalam kotak hadiah atau box hadiah agar lebih indah dan menarik, dalam membuat kotak hadiah anda tidak perlu mengeluarkan dana yang cukup besar anda dapat menggunakan kotak bekas, tapi dengan kreasi anda buatlah kotak tersebut menjadi indah. bisa juga anda membeli kotak hadiah yang sudah jadi di tempat penjualan souvenir. Dalam acara pernikahan juga sebaiknya souvenir pernikahan yang akan diberikan akan lebih baik anda membuatnya sendiri dengan kreatifitas anda, sehingga lebih menghemat biaya.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action