Rabu, 16 Juli 2008

Tips Perawatan Jaket Kulit


Sangat sederhana ...
Pertama, jangan dicuci apalagi pakai deterjen, Jaket kulit Anda akan kering dan rapuh.

Kedua, jangan dibiarkan kena air termasuk hujan. Kalau terlanjur kena air mengeringkannya jangan dijemur, digantung saja ditempat yang tidak kena sinar matahari dan biarkan kering dengan diangin-anginkan.

Ketiga, Yang tak kalah pentingnya adalah, jangan lupa merawat kelenturan jaket kulit sebulan sekali dilembabkan dengan lotion. Oleskan lotion pada jaket kulit biarkan selama 1 jam lalu bersihkan dengan lap yang kering tapi teksturnya lembut. Atau bisa jg dengan menggunakan semir untuk kulit (yang paling gampang dengan memakai semir sepatu yang tentunya sesuai dengan warna jaket anda) minimal 1 x setiap bulannya, dijamin jaket kulit anda awet dan terjaga kelenturannya...

Keempat, bersihkan noda yang menempel dengan minyak goreng (gemuk) atau Anda bisa membeli cairan khusus di toko. Ambil kapas lalu teteskan minyak goreng/cairan khusus tersebut diatas kapas, selanjutnya pakai kapas itu untuk menggosok noda dijaket.

Kelima, jangan menyemprotkan parfum ataupun spray kepermukaan jaket kulit

Keenam, setiap habis pemakaian gantungkan jaket kulit di 'hanger' (gantungan baju) sehingga jaket kulit tidak kusut. jangan sering dilipat, jaket kulit ngga perlu dicuci, tapi harus sering diangin2-kan Lalu simpan ditempat yang sirkulasi udaranya baik

source : http://nunukikhtiarini.multiply.com


Mengenakan jaket saat mengendarai sepeda motor sangat dianjurkan. Selain melindungi badan dari terpaan angin dan debu, jaket juga dapat dipakai untuk gaya. Sebagian orang menyebutnya jaket motor. Desain jaket yang bagus akan menambah rasa percaya diri anda saat berkendara.

Namun sebaiknya pilihlah jaket yang nyaman dan aman digunakan sesuai dengan kondisi cuaca dan kebutuhan. Untuk itu ada berapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengenakan atau memilih jaket saat menunggangi motor.

Jaket kulit sangat cocok untuk dikenakan baik cuaca panas maupun dingin, baik siang atau malam. Sifat jaket kulit selain kuat dan tidak tembus angin, juga memiliki daya serap keringat yang baik. Selain nyaman dan cocok untuk segala cuaca, kelebihan jaket kulit adalah mampu meminimalisir dan memberikan perlindungan bagi tubuh dari luka akibat kecelakaan. Kelebihan lainnya, tipikal model jaket ini yang tidak ketinggalan jaman. Namun jaket kulit juga punya kelemahan. Karena terbuat dari kulit, maka cepat pula menimbulkan bau yang tidak sedap.

Jaket jeans atau denim, juga baik dikenakan pada siang hari (tidak terlalu terik) maupun malam hari. Memiliki tekstur rajutan yang tebal mampu mengurangi terpaan angin ke tubuh. Meski daya serap keringat lumayan baik, tapi lama kering bila terkena hujan. Bila memaksa naik motor dengan mengenakan jaket ini saat hujan, maka badan terasa berat. Karena jenis bahan jaket ini dapat menyerap air cukup banyak.

Jaket parasut atau rain coats memiliki sifat kedap air, sangat cocok dikenakan jika hujan maupun di udara dingin. Selain melindungi tubuh dari siraman air, bahan parasut mudah dibersikan dan tidak menimbulkan bau.

Demi keselamatan, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah kemampuan warna jaket untuk dapat dilihat oleh pengendara lain, terutama pada malam hari atau situasi gelap (mendung/hujan). Karena itu dianjurkan untuk memakai jaket berwarna cerah, terang atau model yang dapat memantulkan cahaya. Hal yang sama juga dianjurkan saat memakai jas hujan.


0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action