Kamis, 12 Juni 2008

Agar Team Work Sukses

Mampu bekerja sama dalam tim adalah salah satu syarat yang relatif umum diberlakukan oleh perusahaan dalam mencari karyawan. Oleh karena itu, selain harus mampu bekerja sendiri, kita juga dituntut bekerja sama secara kelompok dengan kualitas hasil yang sama baiknya dengan bekerja sendiri.

Ingin tahu rahasia sukses bekerja sama dalam team?

Kenali anggota tim. Sebisa mungkin dapatkan informasi tentang teman-teman sekerja, selain namanya. Misalnya, sudah berapa lama ia bekerja, nomor teleponnya. Pastikan Anda tahu bagaimana menyebutkan namanya dengan benar.



Temukan kesamaan. Untuk memperlancar komunikasi carilah kesamaan antara Anda dan rekan sekerja. Misalnya; hobi, makanan favorit, tempat berakhir pekan favorit atau program tv favorit.



Hargai kesempatan orang lain bicara. Meskipun menurut Anda pendapat mereka tidak selalu "berisi", namun memotong kalimat seseorang saat ia sedang bicara adalah hal yang tidak tepat. Apalagi jika Anda memotong ucapannya dengan nada suara lebih tinggi atau dengan suara lebih keras. Cara ini tidak simpatik.



Bersikap ramah. Biarpun Anda sedang berbasa-basi menanggapi sebuah pendapat, cobalah untuk berbicara dengan nada ramah. Jika Anda terpaksa harus menanggapi sebuah ide yang Anda anggap kurang masuk akal, lihat dulu sisi baiknya dan utarakan. Setelah itu baru Anda tambahkan keberatan Anda dalam kerja sama bisnis mengenai ide tersebut dan kelemahannya apabila dieksekusi nanti.



Tuliskan dan dokumentasikan. Jangan pernah melanggar peraturan yang satu ini. Jika Anda dipilih sebagai penanggung jawab sebuah proyek kerjasama bisnis, biasakan untuk selalu menuliskan tanggung jawab setiap anggota tim dan distribusikan. Atur jadwal meeting lewat e-mail dan distribusikan pada anggota tim. Jika ada masukan sebelum meeting dari salah satu anggota tim, tuliskan dan distribusikan kembali via e-mail agar semua anggota ter-update secara baik dalam kerjasama bisnis ini.



Bersikap terbuka dan jujur. Bicarakan dengan anggota tim yang lain jika Anda menghadapi masalah dalam pengerjaan proyek kerja sama ini. Bersikap jujur juga merupakan modal bekerja dalam tim. Dengan menggalang kebiasaan ini, Anda akan merasa nyaman ketika berkomunikasi, baik dalam keadaan normal maupun ketika sedang ada masalah dalam usaha kerja sama.



Kontrol emosi. Tekanan pekerjaan yang tinggi akan mudah memicu timbulnya stres atau rasa lelah sehingga masalahpun akan mudah muncul. Sebaiknya beristirahatlah sejenak bila Anda sudah merasa lelah untuk mengosongkan pikiran sementara. Ingat, pandai mengatur emosi adalah salah satu kunci suksesnya bekerja sama dalam tim.


Tawarkan solusi. Saat menemukan masalah dalam mengolah ide, ajak tim kerjasama Anda untuk berpikir bersama. Gunakan pilihan kalimat pertanyaan (seperti; "Menurut pendapat saya cara ini adalah cara yang tepat, dengan pertimbangan a, b, c..... Bagaimana menurut teman-teman?”


Sumber : www.conectique.com


0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action