Selasa, 08 Juli 2008

Memilih Makanan Jajanan

Agar pangan yang dikonsumsi dapat bermanfaat bagi tubuh dan tidak menyebabkan penyakit, maka kita harus memilih pangan yang aman. Makanan yang aman untuk dikonsumsi tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan atau keselamatan manusia misalnya bahan yang dapat menimbulkan penyakit atau keracunan. Berikut ini beberapa kiat praktis yang dapat digunakan memilih makanan yang aman.

1. Aman Dari Bahaya Fisik

Hindari makanan yang dijual ditempat terbuka dan tanpa penutup makanan atau kemasan makanan.
Hindari makanan yang dijual oleh penjual yang menangani makanan jualannya secara sembrono.
Amati kondisi makanan sebelum dikonsumsi. Apakah ada benda asing didalamnya?

2. Aman Dari Bahaya Kimia

Pilih hanya makanan yang bersih dan tertutup dari debu.
Cuci sayuran dan buah-buahan dengan bersih sebelum dimakan.
Beli makanan yang dijual ditempat bersih dan terlindung dari matahari, debu, hujan, angin dan asap kendaraan bermotor serta jauh dari sumber kontaminan seperti sampah, binatang atau hama. Jangan membeli makanan yang dijual di tempat kotor atau tercemar. Jangan membeli makanan yang dikemas dengan kertas bekas atau kertas koran.
Lihat harga makanan. Biasanya, makanan yang harganya tidak realistis mengandung bahan pangan sintetis berlebihan atau bahan tambahan terlarang dan berbahaya.
Perhatikan warna dan rasa makanan atau minuman. Produk dengan warna yang terlalu mencolok atau terlalu cerah besar kemungkinan mengandung pewarna sintetis. Begitupun dengan rasa. Adanya rasa yang menyimpang mengindikasikan adanya bahan tambahan terlarang atau bahan tambahan pangan yang berlebihan. Sebagai contoh, jika ada rasa pahit setelah mengkonsumsi es campur, maka es campur itu mungkin mengandung pemanis sintetik yang berlebihan.

3. Aman Dari Bahaya Biologis

Belilah makanan ditempat yang memenuhi persyaratan tempat berikut:
Lokasi penjualan bersih dan terlindung dari matahari, debu, hujan, angin dan asap kendaraan bermotor serta jauh dari sumber kontaminan seperti sampah, dari binatang ataupun hama. Jangan membeli makanan yang dijual di tempat yang kotor atau tercemar. Jika terpaksa membeli, pilih makanan yang ditutup untuk melindunginya dari kontaminasi.
Kebersihan kantin atau alat penjualan keliling terjaga baik dan bebas dari sampah, serangga dan hama.


Demi keamanan, pilihlah makanan yang telah dimasak
Beberapa makanan mentah, terutama ayam, daging dan susu yang tidak dipasteurisasi seringkali terkontaminasi oleh mikroba penyebab penyakit. Pemasakan akan meningkatkan keamanan dan umur simpan makanan. Dengan pemasakan yang sempurna, maka mikroba pembawa penyakit akan mati.
Hindari mengkonsumsi makanan yang bahan bakunya sebagian atau seluruhnya tidak dimasak ( makanan cepat saji, makanan instan, dll).

Belilah makanan yang dipajang, disimpan dan disajikan dengan cara berikut:
Makanan tidak diletakkan dilantai dan terlindung dari kontaminasi.
Tempat menyimpan, menjual atau memajang selalu bersih
Makanan siap saji tertutup untuk mencegah kontaminasi oleh debu dan serangga
Semua makanan panas disimpan panas (bukan hangat! Suhu penyimpanan panas diatas 60°C) dan makanan dingin disimpan dingin (suhu penyimpanan dingin dibawah 5°C)
Makanan dikemas dengan kertas bersih, plastik, atau kemasan lainnya yang diijinkan untuk pangan. Jangan membeli makanan yang dikemas dengan menggunakan kertas bekas, kertas koran atau majalah untuk mengemas makanan.
Jangan membeli makanan jajanan jika peralatan pengolahan dan wadah penyimpanannya bercampur dengan bahan pangan mentah atau dengan bahan-bahan bukan pangan. Misalnya, menggunakan pisau dan talenan bekas memotong daging ayam mentah untuk memotong daging matang. Jika ini dlakukan, akan menimbulkan risiko tumbuhnya bakteri dan akibatnya penyakit telah ada sebelum dimasak.

Konsumsilah pangan secara benar
Cuci tangan sebelum makan
Cuci bersih buah dan sayur yang akan dimakan mentah.
Jangan membeli makanan yang bau dan penampakannya sudah menyimpang
Belilah makanan jajanan yang masih panas dan langsung dimakan setelah panasnya hilang.
Tidak membeli dan mengkonsumsi makanan jajanan yang sudah dingin
Tidak membeli makanan jajanan yang harusnya dingin, tapi sudah tidak dingin lagi.
Jangan membeli minuman yang dibuat dengan menggunakan air mentah

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action