Sabtu, 31 Mei 2008

Valentine Dan Bunga Mawar


Tanggal 14 Februari, oleh sebagian kalangan disebut sebagai hari kasih sayang. Pada tanggal tersebut, orang beramai-ramai mengungkapkan rasa kasihnya kepada orang yang disayangi, baik pacar, pasangan suami istri, orang tua, atau kepada siapa pun yang dianggap spesial.

Sebenarnya, asal mula hari valentine itu diambil dari peristiwa yang dialami oleh seorang pendeta bernama Santo Valentine. Pada masa itu, seorang kaisar di jaman Romawi bernama Kaisar Claudius II, karena merasa jika orang menikah bisa menurunkan semangat berperang membela negara-sebab selalu memikirkan keluarga-kemudian melarang orang menikah. Namun, kemudian ada seorang pendeta yang diam-diam menentang kebijakan ini. Pendeta yang bernama Santo Valentine tersebut justru sering menikahkan banyak pasangan sembunyi-sembunyi.

Namun, hal ini tercium oleh sang kaisar. Karena itu, Santo Valentine ditangkap dan akhirnya dibunuh pada tanggal 14 Februari. Karena kejadian inilah, kemudian beberapa ratus tahun kemudian, momen tersebut diabadikan sebagai hari kasih sayang, demi mengenang jasa Santo Valentine yang rela berkorban.

Seiring berkembangnya jaman, hari kasih sayang ini terus diperingati oleh berbagai kalangan. Cara mengungkapkan kasih sayang pun menjadi berkembang. Mulai dari memberi bunga, kartu, hingga jaman telepon seluler, orang beramai-ramai menggunakan SMS (Short Message Service). Namun, hingga kini, yang paling populer untuk mengungkapkan rasa sayang adalah bunga.

Tapi, tahukah Anda apa sebenarnya makna dari bunga yang diberikan? Bunga mawar selama ini dianggap sebagai bunga yang paling tepat untuk diberikan pada yang terkasih karena ternyata arti dari mawar atau rose adalah ucapan 'I Love You'. Namun, tak hanya itu. Warna dari bunga mawar pun mengandung arti. Merah berarti cinta dengan respek yang tinggi. Kuning berarti kebebasan atau fleksibilitas. Kemudian warna merah jambu berarti terima kasih dan rasa syukur yang mendalam. Terakhir, warna putih mengandung makna ketulusan cinta dan kepedulian.

Bagaimana dengan bunga yang lain? Ternyata juga mengandung sejumlah arti pula. Bunga gladiol berarti 'sedang patah hati', bunga lily berarti 'keinginan untuk memperbaiki hubungan', bunga violet berarti 'tidak bisa kuterima cintamu.' Jadi, sudah tepatkan bunga yang Anda berikan pada hari Valentine ini?


Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action