Sabtu, 24 Mei 2008

MENCUCI UDARA DENGAN BUNGA (tanaman hias)


Tinggal di kota besar, umumnya bagaikan tinggal disebuah ruang besar dengan udara yang dipenuhi dengan pollutan.Pollutan dan irritant dari debu, asap dan gas gas buang kendaraan, pabrik, industri , rumah tangga,dsb dalam bentuk carbon monoxide, trichloroethylene, formaldehyde , benzene, ammonia, xiluene, toluene. . Kualitas udara yang demikian tentu akan mempengarahi aktivitas organ organ penting semua makhluq hidup termasuk kita, manusia.Bisa jadi efek dari kondisi ini adalah adanya kecenderungan meningkatnya risiko menderita allergy terkait pernafasan.Bentuk alergi yang paling sering seperti rhinitis allergica, asma bronchilae, pharingitis kronik Penyebab allergy memang tidak berdiri sendiri , namun dengan berupaya mengurangi kontak dengan allergen akan sangat banyak mengurangi kemungkinan munculnya kekambuhan alergi.

Kembali ke soal polusi,sebenarnya polusi tidak hanya kita temukan diluar ruang. Didalam ruangpun memungkinkan tubuh kita terkontaminasi dari pollutant, seperti material/bahan furniture , karpet, cat ,asap rokok dll. Apalagi di kantor kita juga acapkali berinteraksi sering dengan printer, mesin fax, foto copy,kertas dsb.Sehingga memang polusi udara ini adalah sesuatu yang tidak mungkin kita hindari.. Yang paling mungkin bisa dilakukan adalah dengan menguranginya.istilah saya “mencuci udara”. Paling tidak dirumah (bisa juga dikantor) kita sendiri.Banyak cara digunakan untuk menghindari polusi udara dirumah. Salah satunya adalah dengan melalui apa yang disebut dengan “system filtrasi/penyaringan udara”. Sudah banyak diciptakan alat alat penyaring udara dari berbagai jenis, merk dan cara kerja. Namun tentu untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang tidak murah.Nah lalu bagaimana bagi kita yang belum bisa menjangkau alat alat itu?. Tenang saja, ada cara lain yang lebih alami yang akan membuat udara dirumah kita menjadi lebih segar dan bersih.Alternatif cara inilah yang disebut dengan “natural air filtration systems” yang menggunakan tanaman tanaman hias / bunga di sekeliling rumah sebagai penyaring alami .

Study yang dilakukan oleh NAZA dan ALCA menunjukkan beberapa tanaman direkomendasikan untuk menyegarkan kembali udara. metabolisme yang dilakukan oleh tanam tanaman tersebut akan menyaring zat zat buang yang merugikan kesehatan semacam benzene, trichloroethylene, dan Formaldehyde dll , sekaligus juga tanaman hias ini sebagai produsen oksigen yang efektif mengembalikan kualitas udara menjadi lebih baik dan layak dikonsumsi manusia.

Tanaman tanaman yang direkomendasikan untuk memperbaiki udara yang banyak mengandung benzene antara lain : English ivy (hedera helix), Gerbera daisies, Pot mums, Peace lily, Bamboo palm, dan Mother-in-law’s Tongue (kalo saya sih lebih setuju menyebutnya snake plant saja deh, he he).

Tanaman tanaman sesuai untuk memperbaiki udara yang banyak mengandung trichloroethylene : Peace Lily, Gerbera daisy, bamboo palm.

Tanaman tanaman untuk memperbaiki udara yang banyak mengandung Formaldehyde antara lain :bamboo palm, Mother-in-law’s tongue, dracaena warneckei, peace lily, dracaena marginata, golden pathos, and green spider.

Beberapa tanaman lain yang juga direkomendasikan untuk prose filtrasi udara ini antara lain :heartleaf philodendron, Philodendron domesticum, elephant ear philodendron, , cornstalk dracaena, Ficus benjamina /weeping fig, Dracaena deremensis `Janet Craig’, philodendron selloum, Aglaonema modestum, dan Chinese evergreen .

Syaratnya cukup mudah sebenarnya untuk mendapatkan natural air filtrations dari tanaman hias ini, yakni mesti rajin merawatnya , menjauhkannya dari jamur dan debu debu yang menempel di daun dan batang nya. Sehingga sang tanaman bisa bekerja efektif dalam mem filtrasi udara.study dari A.US menyebutkan bahwa 15-18 tanaman hias dalam wadah berukuran 6-8 inci mampu memperbaiki kualitas udara untuk rumah seluas 1800 square feet (ya kalo dikalibrasi ke meter sekitar 548 m2)

Dengan memperbaiki/meningkatkan kualitas udara disekitar rumah diharapkan efek negative dari pollutan dan irritant yang sarat dengan dampak buruk bagi kesehatan, dapat diminimalkan. Bye bye pollutant , bye bye iritasi ….bye bye alergi……


Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits


0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action