Rabu, 28 Mei 2008

Cantiknya Warna-Warni Teratai

Tanaman satu ini memang tengah jadi idola. Aalagi, warna bunganya kini tak cuma merah atau putih. Bagaimana cara menyilangnya?
Kini, banyak orang yang gandrung membuat taman. Jika tempo lalu hanya orang-orang berduit yang punya taman di rumahnya, sekarang siapa pun sebisa mungkin akan menghadirkan taman di rumah mereka, seberapa pun luas tanahnya. Entah itu di halaman depan, belakang, bahkan halaman samping pun bisa. Alasan membuat taman, sungguh bermacam-macam, salah satunya ingin agar rumah terasa alami. "Sembari melepas lelah, duduk-duduk santai menikmati indahnya bunga " kata mereka.
Selain taman, kolam juga menjadi hiasan banyak rumah. Letaknya menyatu dengan taman, sehingga gemericik air dan ikan yang berenang kesana-kemari asri menyatu dengan tanaman hias berbunga maupun tanaman hias berdaun. Satu lagi yang tak bisa dilewatkan adalah hadirnya tanaman teratai di kolam tersebut.

JENIS-JENIS TERATAI
Warna-warni bunga teratai sungguh menawan. Bunganya semarak, mencolok, namun lembut. Sekarang, orang bosan hanya melihat satu jenis warna bunga teratai. Lalu, direkayasalah bunga teratai menjadi warna-warni. Di satu kolam, terdapat 3 sampai 6 warna bunga teratai. Bagaimana membuatnya? Tidak sulit, kok, namun ada baiknya kita kenali dulu beberapa jenis teratai sebagai berikut:

- Teratai Biru
Teratai ini berasal dari Kalimantan. Orang lazim menyebutnya dengan seroja biru, sementara nama Latinnya Nymphaea stellata. Bunganya berwarna biru muda, kecil-kecil, dan berbentuk bintang. Ia mekar hanya siang sampai sore hari. Sedangkan daunnya berbentuk oval sampai bundar dan tepinya berombak, bergerigi. Daun bagian bawah berwarna keunguan.

- Teratai Putih Jawa Benang sari berwarna kuning, tapi mahkota maupun kelopak bunga berwarna putih. Tanaman teratai ini (Nymphaea pubescens) memiliki bentuk bunga menyerupai bintang, berukuran sekitar 15 - 25 cm. Warna daun bagian atas hijau, sedangkan bagian bawahnya hijau keunguan. Sesuai namanya, teratai ini memang bernenek moyang dari Jawa.

- Teratai Putih Hutan
Mahkota bunga berwarna putih, sedang benang sari dan kelopaknya berwarna kuning. Bentuk bunga menyerupai bintang datar berukuran sekitar 15 - 25 cm. Tepi daun bergerigi dan helaian daunnya ditandai dengan banyak bulu. Kekhasan bunga teratai ini adalah selalu mekar di malam hari. Nama latinnya Nymphaea nouchali, atau sering disebut juga sebagai tanjung putih.

- Teratai Silangan
Seiring tren teratai warna-warni, dibuatlah silangan-silangan teratai hingga menampilkan bunga yang menakjubkan. Misalnya teratai ellisiana, warna bunga gradasi merah muda ke ungu, dengan benang sari oranye kemerahan. Ada lagi teratai chromatella, warna bunga kuning, bentuk bunga mirip mangkuk. Juga teratai silangan teratai Mrs. Ward, warna bunga pink kemerahan, dengan bentuk bunga bintang.

Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action