Jumat, 30 Mei 2008

Trend Tanaman Hias


Bisnis tanaman hias kini kian banyak digemari oleh masyarakat Yogyakarta. Jika kita lihat dan perhatikan dalam satu bulan saja tidak kurang dari lima kali pameran diselenggarakan di kota ini. Beberapa lokasi yang selalu menjadi langganan penyelenggaraan even ini antara lain, MMTC, Kedaung, APMD, Ambarukmo, Alfa, Purna Budaya UGM dan halaman Mc Donald Jalan Sudirman.

Masyarakat Indonesia punya selera yang unik menyangkut soal tanaman hias. Mula-mula, banyak orang menggandrungi tanaman yang memiliki bunga indah dan berwarna warni, lalu bergeser pada pepohonan pelindung untuk taman. Belakangan, masyarakat menyukai bunga dalam pot yang bisa dipelihara dalam rumah.

Adalah bunga nusa indah yang dikenal menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia tahun 1970-an. Pada era tahun 1980-an, selera masyarakat beralih pada bunga bugenvil atau kembang kertas. Saat program pembangunan gencar dilakukan di Indonesia pada era tahun 1990-an, berkembang jenis tanaman hias untuk lanskap atau taman terbuka, terutama jenis palem-paleman. Palem yang terkenal adalah palem botol, palem raja, dan ekor tupai. Saat itu, jenis tanaman ini berharga mahal. Tahun 2000-an, trend tanaman hias makin cepat berganti. Berawal dari Adenium, Aglaonema, lantas belakangan terjadi demam Anturium. Di sela-sela tiga tren besar itu, masih sempat muncul lagi beberapa tanaman lain, seperti euforbia, philodendron, pachypodium, dan sansiviera. Masing-masing tanaman memiliki keunggulan sendiri-sendiri.

Booming tanaman hias merambah sampai jauh ke pelosok pedesaan. Saat ini tanaman hias yang lagi trend adalah Anthurium , salah satu nya jenis Jenmanii,Aglonema Adelia, Hokeri merah, Gelombang Cinta, Euphorbia Tiara, Adenium/Kemboja ( Kembang Jepun ) perkembangannya sungguh dahsyat. Belum lagi jenis tanaman Senthe yang dalam bahasa latin nya Alocasia tapi nama kampungnya adalah tanaman talas diperkirakan banyak pihak dan pehobbies akan ikut meramaikan pasaran trend tanaman hias di Indonesia.Anthurium adalah marga lebih dari 800 jenis yang ditemukan di kawasan tropis dari Meksiko hingga wilayah utara Argentina dan Uruguay, juga di kawasan Hindia Barat. Sekalipun bukan tanaman asli Hawaii, jenis Anthurium andreanum dikenal sebagai bunga nasional Hawaii. Anthurium merupakan tanaman hias tropis, memiliki daya tarik tinggi sebagai penghias ruangan, karena bentuk daun dan bunganya yang indah, Anthurium yang berdaun indah adalah asli Indonesia. Di Indonesia tidak kurang terdapat 7 jenis Anthurium, yaitu Anthurium Cyrstalinum (kuping gajah), Anthurium Pedatoradiatum (wali songo), Anthurium Andreanum, Anthurium Rafidooa, Anthurium Hibridum (lidah gajah), Anthurium Makrolobum dan Anthurium scherzerianum.

Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action