Rabu, 28 Mei 2008

Untaian Tanaman Rambat

Percantik pagar atau pergola Anda dengan tanaman rambat dengan bunga-bunga cantik. Selain daun hijau serta bunganya yang indah, tanaman ini sangat suka panas, sehingga tak sulit ditanam di negara kita yang kaya akan sinar matahari ini.

Pilih tanaman rambat yang cantik agar pagar, pergola, atau tiang gazebo rumah Anda tampil lebih atraktif. Selain sebagai penghias, tanaman rambat memberi aksentuasi khas pada taman. Jenisnya pun amat beragam. Jenis tanaman rambat yang tak lekang oleh waktu adalah Bunga Terompet (Mandevilla sanderi), Thunbergia (Thunbergia grandifloa), Alamanda (Allmanda cathartica), Nona Makan Sirih (Clerodendrum Thomsoniae), Sirih Gading, dan Malaythong.

Khusus untuk Mandevilla, untuk tahun ini permintaan pasarnya semakin banyak. Tanaman rambat asal Florida, Amerika Serikta ini berwarna putih, merah jambu, atau merah. Ada yang berdaun tumpuk, ada pula yang tidak. Tanaman ini unik, karena tidak pernah berhenti berbunga. Bisa bertahan sampai 3-4 tahun, tidak seperti tanaman semusim yang enam bulan tumbuh, kemudian mati. Selain merambat, Mandevilla juga bisa menjuntai karena batangnya lemas. Bahkan ditanam begitu saja pun akan tumbuh. Tak keran jika Mandevilla punya daya tarik sendiri.

Mandevilla sangat menyukai panas, yang membuat bunganya gampang bermunculan. "Agar mendapatkan bunga yang cantik tentu saja harus memperhatikan perawatannya. Seperti pemberian pupuk, penyemprotan hama penyakit dengan pestisida. Media yang dipakai adalah cocopit (serbuk kelapa) dan sekam bakar," jelas Ricky Hadimulya, pemilik Hara Nursery. Akan sangat baik jika ditanam di pot. Biasanya kalau di tanah banyak cacing yang bisa merusak tanah dan membuat akar jadi busuk.

Agar merambatnya lebih bagus, pot dan media harus diganti dengan yang lebih besar.

Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action