Selasa, 20 Mei 2008

Caladium



Caladium atau dikenal dengan sebutan keladi merupakan tanaman keluarga Araceae yang menawarkan corak warna daun yang amat mempesona. Ada yang berwarna dominan putih, pink, merah, kuning, atau bahkan paduan dari aneka warna. Siapapun yang memandangnya pasti akan terpikat, apalagi jika menemui keladi dengan warna-warna yang mencolok, terutama hasil silangan dari negeri Thailand.

Perawatan terhadap tanaman ini juga relatif mudah. Kuncinya, media harus diusahakan selalu dalam keadaan basah, tetapi tidak becek. Niscaya, keindahannya akan muncul di sepanjang waktu. Seandainya terjadi kekeringan - sampai batas yang tidak dapat ditoleransi - semua daun akan terkulai dan segera mati. Namun, keadaan seperti itu bukan berarti bahwa keladi mati, melainkan sedang dalam masa yang dinamakan dorman. Pada masa seperti itu, umbi keladi akan terus membesar dan suatu ketika akan tumbuh banyak anakan.

Umumnya keladi menyukai tempat yang agak teduh (dengan naungan net 50%). Namun, beberapa jenis (seperti Red Frill, Rosalie, dan Gingerland) toleran terhadap sinar matahari penuh dan bahkan warnanya semakin memikat.

Keladi mudah dikembangbiakkan, baik melalui pemisahan anakan atau pembelahan umbi.

*)Abdul Kadir adalah Penulis Buku Keladi dan Alokasia Hias, Penerbit Penebar Swadaya, 2006. Buku ini ditulis bersama Terra Ch. Triwahyuni.


Visit our category :


- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action