Kamis, 14 Agustus 2008

Tips Membuat Website / Domain Gratis ( Web Hosting Pribadi )


1. MENDAFTARKAN DOMAIN KITA PADA RESELLER DOMAIN DAN MENYEDIAKAN SPACE UNTUK WEBSITE KITA. ( Pakailah Jasa Domain / Jasa Hosting )

Kita membutuhkan sebuah Alamat Website (domain/URL) yang mudah diingat, agar pengguna Internet dapat dengan mudah menemukan Website kita. Domain adalah nama dari website, misalnya yahoo.com, google.com, namaanda.com dan sebagainya.Sedangkan Hosting adalah tempat untuk menyimpan file di internet. Jika diibaratkan rumah, maka alamat rumah adalah domain, dan rumah tempat tinggal adalah hosting. Kita daftarkan pertama kali domain yang kita inginkan, misalnya namaanda.com. Kita membutuhkan Web Hosting setelah kita memiliki sebuah domain. Untuk memiliki sebuah Website, diperlukan “Tempat” (”Space”) berupa Hard Disk di sebuah komputer/server untuk meletakkan halaman-halaman (file) Website kita. Halamanhalaman tersebut akan dapat diakses oleh seluruh pemakai Internet di dunia kapan saja. Servis Web Host menyediakan tempat di Internet di mana Website kita tinggal. Itu jauh lebih murah daripada kita membeli web server sendiri dan kita tidak perlu menggaji Teknisi untuk perawatan server kita. Perusahaan Web Hosting menyediakan perlengkapan Hardware, Software, Bandwidth, Data Center dan servis teknis yang kita butuhkan tanpa harus kita yang melakukan sendiri dalam proses pembuatan website.

2. MENYIAPKAN ISI/CONTENT WEBSITE

Selanjutnya kita mempersiapkan design yang hendak kita gunakan untuk membangun website kita. Adapun design yang kita buat dapat menggunakan software tertentu bias menggunakan macromedia dreamweaver atau fireworks tergantung kehendak kita. Kita juga dapat mengumpulkan bahan-bahan yang akan anda muat di Internet berupa text, gambar/foto atau suara.File text & gambar tersebutlah akan diakses oleh pengguna Internet. Selain itu, kita juga harus membuat program script apa yang hendak kita pakai untuk menjalankan web kita. Sehingga web kita dapat berjalan dinamis dan bukan statis.Program yang dapat kita gunakan contohnya PHP, Javascript, maupun ASP. Disamping programnya, database yang akan kita gunakan juga ditentukan sesuai program yang kita buat misalnya MySQL, Microsoft Access, AdoDB maupun yang lainnya. sebaiknya anda menggunakan jasa hosting pada saat anda melakukan upload web hosting anda. Apabila anda menggunakan jasa pembuat website ( jasa web hosting) sebaiknya anda juga melakukan perjanjian dahulu mengenai biaya, anda sebaiknya mencari jasa webhosting murah yang menawarkan domain murah, hosting murah tapi jasa domain hosting yang proffesional.

3. MEMPROMOSIKAN WEBSITE ( Domain Indonesia / Domain Pribadi ) KITA

Setelah website jadi, kita tidak bisa membiarkannya begitu saja website kita tanpa kita memanajenya. Adapun salah satu caranya adalah dengan mempromosikannya website kita di dunia internet itu sendiri. Salah satu cara yang paling penting dan terbukti efektif adalah dengan pertukaran banner dan mendaftarkannya pada search engine di internet (seperti Alta Vista, Google, Fast Search, HotBot, Lycos, Excite, NetCrawler, dll) Website yang telah kita buat, jangan dibiarkan saja tanpa kita kontrol dan kita awasi. Kita hendaknya menganalisis setiap perkembangan hasil website kita dalam dunia internet. Bagaimana pengunjungnya setiap harinya apakah mengalami kenaikan atau malah sebaliknya, bagaimana dampaknya terhadap usaha kita apakah mengalami keuntungan ataupun kerugian harus kita analisis demi optimalnya website yang selama ini kita bangun.

http://blog.idwebhost.com/

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action