Senin, 11 Agustus 2008

Desain Rumah Bangun Rumah, Mendesain Atap Rumah, Apa saja Jenis /Model Atap?

Atap rumah mungkin menjadi elemen yang paling membedakan rumah Anda, dengan rumah di sekelilingnya. Dengan kata lain atap memberi pengaruh besar pada tampilan atau gaya rumah. Karena atap rumah dibuat untuk memenuhi fungsi tertentu, baiklah kalau anda mengenal model atap yang umum dikenal, bagaimana bentuknya, detailnya dan designnya.

Kalau Anda sekarang sedang ingin bangun rumah atau merenovasi rumah, ingatlah pilihan model atap akan sangat mempengaruhi biaya bangun rumah atau renovasi rumah. Apa lagi, pilihan atap tersedia dari berbagai bahan material.

Ada dua bentuk dasar atap rumah yang paling sering dipakai, yaitu atap pelana (gable roof) dan perisai (hip roof). Berikut adalah sketsa dari kedua jenis atap tersebut untuk arsitektur rumah.

Atap Pelana

Sesuai dengan bentuknya yang segi tiga dan sudut yang curam, fungsi model atap pelana adalah agar air hujan, sampah daun dan sejenisnya dapat segera jatuh ke sisi bangunan.


Atap Perisai.

Atap perisai terutama pada awalnya ditujukan untuk lingkungan dengan iklim yang ekstrim, yaitu dimana angin dan mungkin badai sering terjadi. Bentuk rangka yang kompleks, memungkinkan atap perisai dapat menahan terpaan angin dari berbagai arah. Dari bentuk, dan luasannya jelas bahwa atap perisai lebih memakan biaya daripada atap pelana.

Sesuai dengan bentuk bangunan, model dasar kedua atap ini dapat dimodifikasi. Misalnya:

Bentuk atap Pelana Silang (Cross Grabled Roof) (untuk bangunan berbentuk T, L, U)

Bentuk atap Perisai Piramid (Pyramid Hip Roof)

Bentuk atap Perisai silang (untuk bangunan berbentuk T, L, U)

Atau Kombinasi/Hybrid antara Perisai dan Pelana

Bentuk bangunan yang lebih kompleks membutuhkan desain rumah atau atap yang kompleks juga dan sekaligus menciptakan keindahan bentuk rumah.

http://annahape.com/

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action