Kamis, 14 Agustus 2008

Memilih Sound System yang berkualitas

Seringkali kita kecewa ketika membeli sebuah produk elektronik, khususnya sound system, ternyata suara yang dihasilkan tidak seperti yang kita harapkan. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang berguna dalam memilih produk sound system yang baik.

Berikut beberapa tips perlu Anda perhatikan :

1. Pilihlah besar daya yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk penggunaan pribadi seperti latihan dll, cukuplah memilih amplifier dengan daya 15-20 watts. Pada kebanyakan amplifier berdaya kecil seperti ini telah tersedia fasilitas jack Head Phone (misal : Amplifier Guitar Laser 20) yang sangat berguna terutama bagi kawula muda yang punya kebiasaan bermain musik hingga tengah malam. Dengan memanfaatkan saluran untuk Head Phone ini, maka dijamin seisi rumah yang lain ataupun tetangga tidak akan terganggu "atraksi" kita.

Untuk penggunaan acara pesta ( Pesta Pernikahan / Wedding Party, Ulang Tahun, Acara Gathering & Acara Promosi ) anda akan memerlukan daya yang lebih tinggi lagi yaitu sedikitnya 125 watts atau lebih, karena amplifier ini akan dapat sekaligus kita gunakan sebagai monitor dari instrument musik yang sedang kita mainkan.

2. Pilihlah amplifier yang berkualitas baik. Bila kita membutuhkan amplifier untuk keyboard, maka sangat disarankan untuk memilih amplifier yang tidak merubah warna suara asli yang dihasilkan oleh keyboard tsb (flat). Ada banyak amplifier yang menghasilkan suara yang berbeda dari suara aslinya, bila hal ini terjadi maka akan terjadi suara-suara yang lain yang akan mengurangi karakter asli dari bunyi yang sebenarnya dihasilkan keyboard dikarenakan terjadinya penambahan atau pengurangan terhadap frekwensi tertentu. Biasanya hal ini terjadi pada frekwensi yang sangat rendah (low bass) atau frekwensi yang sangat tinggi (high treble).

3. Model dan penampilan amplifier dapat menjadi pertimbangan terakhir. Model yang diinginkan akan bergantung pada selera masing-masing. Model yang bagus menurut seseorang, belum tentu bagus juga menurut orang yang lainnya.

Pada kebanyakan musisi profesional model akan menjadi pilihan yang terakhir atau tidak terlalu dipentingkan. Mereka akan lebih mementingkan kualitas dan fasilitas dari amplifier.

4. ada baiknya anda bertanya kepada rental sound / sound sistem atau sewa alat musik, karena mereka termasuk orang yang berpengalaman, sehingga anda tidak akan kecewa.

Demikian Tips singkat mengenai memilih amplifier, mudah-mudahan hal ini dapat membantu untuk menentukan pilihan yang tepat sebelum kita membeli sebuah amplifier.

http://www.rch-sound.com

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action