Rabu, 27 Agustus 2008

Bagaimana memilih dan membeli kabel untuk komponen audio anda?

Kabel makin mahal makin bagus sound sistem / sound system anda?
Semua kabel sama saja, tidak mempengaruhi kualitas sound audio / video?

Pada suatu kesempatan saya bertemu dengan seorang pengusaha yang kebetulan juga seorang audiophile. Pas obrol – obrol santai saya menanyakan mengenai kabel audio. Menurut dia: Kabel yang dipilih adalah merek yang beken dan makin mahal makin bagus.

Pada kesempatan lain saya bertemu seorang audiophile yang berpendapat bahwa pengaruh kabel tidak banyak mempengaruhi kualitas maupun warna suara pada sebuah sistem audio video.

Mari kita jabarkan strategi tersebut menjadi strategi ampuh dalam memilih dan membeli kabel ( menset sound system anda ).

1. Analisa selera anda

Mulailah menganalisa apa yang anda inginkan. Apa selera musik anda ( tergantung kebutuhan band anda )? Bagaimana warna musik tersebut ingin anda dengar? manis? hangat? lembut? dinamik? natural? Suara vokal yang terkesan lebih maju? Sound Stage yang lebar? Trebel yang open? Berhati – hatilah dengan istilah – istilah diatas. Terkadang istilah tersebut diatas dapat dengan mudah dipelintir misalnya treble yang open di istilahkan menjadi suara yang terang atau sound stage yang maju di istilahkan menjadi suara yang menyerang.
Percayakan selera anda di dalam tangan anda sendiri. Buatlah catatan singkat mulai dari daftar lagu kesayangan anda. Kemudian buat daftar harapan anda misalnya: saya ingin mendengar suara cello yang airy, woody dan tebal, saya ingin mendapat sound stage live show dari sebuah Jazz Club dan seterusnya.
Tabel ini kita sebut tabel selera dan harapan.

2. Analisa karakter konponen dan harmonisasikan dengan kabel anda ( Alat Musik )

Setelah anda sudah merinci satu persatu selera dan harapan anda ( music entertaiment ) . Kini saat nya anda mendata karakter komponen yang anda miliki.
Ada beberapa pedoman sederhana untuk hal ini:
· Teliti spesikasi besaran output dan input komponen anda. Buatlah catatan singkat. Tabel ini kita sebut tabel input-output.
· Dengar baik – baik karakter tiap komponen yang anda miliki dengan memakai kabel yang tersedia. Mulailah dari speaker audio. Buatlah catatan singkat. Tabel ini kita sebut tabel karakter komponen.
· Setelah itu buatlah tabel perubahan. Karakter CD: trebel kurang open > treble open dan halus dan seterusnya. Tabel ini kita sebut tabel perubahan.

3. Analisa ruang dengar anda dan harmonisasikan dengan kabel anda
Bagaimana dengan ruang dengar anda? Luas atau sempit? berakustik baik atau seadanya?
Pemasangan kabel: teratur atau tidak teratur? Apakah kabel yang anda pasang melewati medan listrik lain atau tidak dan yang tak kalah penting adalah posisi sound sistem and posisi duduk anda serta panjang kabel yang dibutuhkan. Buatlah catatan singkat. Tabel ini kita sebut tabel ruang dengar.

4.Konsultasi

cobalah anda melakukan konsultasi dengan pihak jasa sewa sound sistem, rental sound sistem ( jasa rental sound sistem ), hal ini berguna untuk anda, agar anda tidak salah membeli kabel, dan memugkinkan anda salah membeli kabel sound system atau kabel untuk lighting pada acara yang akan anda buat.

Setelah merangkum semua permasalahan dengan ruang dengar, sistem yang ada dan selera anda kini saat nya anda menentukan kabel yang cocok untuk anda.

http://www.vokuz.com/forums/showthread.php?p=249

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action