Senin, 22 Februari 2010

Tentang Feng Shui Kamar Mandi

Bagi kebanyakan orang-orang yang sibuk, menghabiskan waktu sambil berendam di kamar mandi adalah hal yang paling tenang dan menyenangkan. Dan seperti halnya kamar tidur, kamar mandi juga harusnya menjadi tempat yang penuh dengan ketenangan. Ilmu Feng Shui kamar mandi punya trik-trik untuk membuat ruangan ini semakin nyaman sekaligus menambah energi positif ke dalamnya.

LETAK

Kegiatan yang berlangsung di dalam kamar mandi melibatkan energi lima elemen (air, api, kayu, logam dan tanah), karena itu lokasi kamar mandi harus dipilih dengan cermat. Posisi kamar mandi yang tidak baik dapat memberi efek berbahaya, melarutkan energi chi ruangan yang lain di rumah itu. Apa pun arahnya, yang terbaik adalah tidak menempatkan kamar mandi berhadapan dengan pintu masuk, dekat tangga, dekat ruang makan atau dekat dapur. Lalu, letak kamar mandi yang benar menurut Feng Shui kamar mandi itu yang bagaimana?

Sebaiknya letak kamar mandi berada di sudut belakang dan agak ke belakang rumah. Yang penting tidak di bagian depan rumah dan sejajar dengan dinding luar.

Kalau letaknya harus berada di ruang keluarga atau kamar tidur, sebaiknya posisi kamar mandi sedikit tersembunyi dengan ventilasi alam yang baik dan benar, seperti jendela yang bisa mengakses udara dari taman atau ruang terbuka.

Untuk kamar mandi yang terjepit di antara dua kamar tidur, sebaiknya di bagian plafon memiliki rongga dan kaca yang tembus cahaya, agar bau tak sedap dan kelembaban bisa dikurangi.

Pintu kamar mandi jangan berhadapan dengan pintu ruang lainnya. Bila ada yang berhadapan, sebaiknya mengeser salah satu pintu atau memberi satu penyekat diantara dua pintu tersebut.

UKURAN

Kamar mandi biasanya merupakan ruangan terkecil dari rumah. Tapi kamar mandi yang besar akan lebih baik untuk menghindari terbentuknya energi chi yang lembab. Ruangan ini juga tidak boleh terlalu menarik perhatian. Kalau kamar mandi cukup besar, letakkan toilet/WC di timur atau tenggara ruangan, tersembunyi di balik setengah dinding atau tirai. Jagalah pintu kamar mandi agar selalu tertutup, terutama yang berada di dalam kamar.

ISI

Taruhlah barang sesedikit mungkin di kamar mandi. Terlalu banyak barang akan mengakibatkan atmosfer yang lebih lembab dan terhambat. Dan terutama hindari penggunaan kain yang terlalu banyak.

Cermin merupakan benda yang cocok di kamar mandi untuk mempercepat aliran energi chi. Di samping itu, cermin memberi kesan lapang pada kamar mandi yang biasanya hanya berupa ruangan kecil. Tapi, jangan menaruh cermin saling berhadapan.

Permukaan lantai/dinding kamar mandi haruslah mudah dibersihkan dan kering. Pakailah permukaan yang mengkilap dan keras, seperti krom, lantai keramik, marmer dan kaca yang bersifat mendorong aliran energi chi.

Pipa bocor, keran atau shower yang menetes pada umumnya akan menambah efek pelarutan di kamar mandi dan akan mengakibatkan kelembaban serta chi yang terhambat. Toilet yang tersumbat juga menghalangi aliran energi chi. Jadi jagalah instalasi pipa dalam keadaan baik. Efek pelarutan dapat diperkecil kalau kamar mandi selalu rapi, bersih dan kering.

WARNA

Mewarnai dinding kamar mandi dengan warna-warna yang menyenangkan sebaiknya juga harus diusahakan. Harus diingat bahwa mandi adalah kegiatan yang berkaitan dengan unsur Ying, dan pilihlah warna yang paling sesuai dengan unsur Ying. Bagian terakhir dari penataan kamar mandi adalah mengurangi efek/energi negatif dari area toilet dengan cara menambahkan salah satu dari warna yang masuk dalam unsur/elemen tanah, seperti warna kuning, oranye atau coklat. Atau warna hijau yang menenangkan dan menyegarkan, juga putih yang memberi kesan bersih dan segar.

*) Temukan juga informasi lain mengenai rumah dijual di Jakarta Utara hanya di rumahdanproperti.com

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action