Selasa, 23 September 2008

Sebuah tips sederhana untuk investor properti baru

1. Beli aja apartment suites / penthouse suites dengan perhitungan sewanya bisa mencapai 15-20% /tahun dari harga jual apartemen Anda.

2. Agunkan kos-kosan/apartemen Anda untuk dapetin rumah lagi yang di sewakan lagi dengan harga sewa yang bisa mengcover cicilan properti yang baru tadi atau
3. Kalo Anda berani ambil resiko lebih besar,jadikan agunan tadi sebagai uang muka sebuah properti yang nilainya 5 kali lebih besar dari uang yang Anda dapat dari Bank (uang Anda 20% dari nilai properti) dan sewakan lagi dengan harga sewa 15-20%/tahun dari nilai properti Anda.

Jadi kalau Anda punya modal 1 M,belikan dulu
penthouse for sale senilai 1 M.(Kalau berani sih langsung aja ke 5M).Kemudian ajukan pinjaman ke Bank biasanya akan dapat sekitar 80% = 800 juta.800 juta dipakai sebagai UM,properti yang bisa didapat berarti 800x5 = 4M.MAka aset Anda : 800juta + 4M = 4,8M

Dan inilah uniknya
jual apartemen kemang village di banding saham.5-10tahun lagi ajukan appraisal ke Bank untuk menilai harga properti Anda.Jika lokasi Anda bagus, mungkin harga properti Anda akan naik 200-500%.Begitu pula harga sewa properti Anda.

Alternatif investasi :
1. Anda tetap tenang-tenang saja dengan harga sewa yang makin tinggi atau
2. Anda pinjam lagi ke Bank dengan harga baru properti Anda,lunasi pinjaman lama dan investasikan lagi uang yang baru Anda dapat ke Properti sewa yang baru lagi.

Let say naiknya 200% maka :
Properti 1 menjadi 2M,properti 2 menjadi 8M.
Gunakan properti 2 untuk agunan,(8Mx80%=6,4M)lunasi pinjaman yang lama,gunakan selisih pendapatan Anda untuk invest lagi.Anggap aja sisa 4M,terus ini dipakai lagi sebagai Uang Muka,jadi 4Mx5= 20M

Asset : 2M(properti 1) + 8M(properti 2) + 20M(properti 3) = 30M

Ingat...sewanya 15-20%/tahun dari harga properti Anda.Oleh karena itu tanyakan ke pemilik lama berapa revenue yang bisa didapat dari properti tersebut.Kenapa 15-20% : Ini adalah angka aman bagi Anda dan pemberi pinjaman.Kalau tidak bisa mencapai segitu ya lebih baik jangan ambil dulu.

Selalu perhatikan 3 hal ini : 1.Lokasi 2. Lokasi 3. Lokasi...dan punyailah manajer properti yang berpengalaman.

Agar Anda lebih yakin beli aja bukunya Tyler G Hicks dan Dolf de Roos.pelajari bagaimana pinjaman bisa membuat Anda Sukses di Properti.

Oke,selamat berinvestasi...

http://www.duniainvestasi.com/

Temukan informasi lainnya mengenai apartment suites, penthouse suites, jual apartemen, penthouse for sale, jual apartemen Kemang Village hanya di Apartment & Penthouse Suites : Jual Apartemen / Penthouse For Sale - Kemang Village 88DB.com

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action