Jumat, 05 September 2008

Pengembangan Diri - Dimulai dari mana?

Bagi kebanyakan orang pengembangan diri dan motivasi diri masih merupakan kata yang abstrak. Apa itu cuma sekedar pemberian motivasi ketika Anda sedang down? Apa hubungan manajemen diri dan manajemen kepeminpinan dengan kreatifitas? Kapan itu harus dilakukan? dan apa itu psychotronica ?

Dari sekian banyak pengertian mengenai potensi diri, saya ingin menyimpulkan bahwa inner power dimulai dari pengetahuan tentang:

  1. Siapa diri kita
  2. Apa yang kita mau dan tujuan kita
  3. Apa yang kita punya untuk mencapai tujuan itu

Tiga hal ini menjadi peta dasar untuk membangun motivasi kita. Untuk mencapai apa yang kita mau kita harus tahu siapa diri kita dan apa yang kita punya untuk mencapai motivasi kerja itu. Dari sana kita bisa menyiapkan diri dengan belajar, berusaha, dan bekerja.

Pengembangan diri merupakan topik yang luas karena didalamnya ada manajemen waktu, personal goal setting, creative thinking, self healing, motivation, problem solving dan masih banyak lagi. Tetapi kita selalu kembali ke 3 hal diatas karena pengembangan diri merupakan proses yang harus terjadi di dalam DIRI SENDIRI, bukan orang lain. Artinya kita menciptakan kondisi baru di luar dengan melakukan motivasi hidup di dalam diri sendiri.

Di tulisan berikutnya saya akan membahas lebih detil apa saja yang terkandung dalam peta dasar kemampuan diri tersebut.

http://www.pengembangandiri.com

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action