Senin, 22 September 2008

Memilih Rumah Sesuai Gaya Hidup

Karya arsitektur bangunan, apa pun konsepnya, merupakan pilihan-pilihan terhadap bentuk arsitektur sebagai akibat budaya. Minimalis adalah pola berpikir, bekerja, dan suatu cara hidup. Sebuah cara pandang baru dalam melihat desain sebagai refleksi cara hidup masyarakat urban yang serba praktis, ringan, efisien, dan penuh kesederhanaan.

Rumah minimalis hadir dengan karakter lebih jelas (bentuk dan ruang geometris, sederhana), lebih baik (kokoh), dan lebih kuat dengan ruang-ruang yang kosong (sedikit ornamen dan perabotan). Prinsipnya, semakin sederhana, maka kualitas desain, ruang yang ada, dan penyelesaian bidang struktur harus semakin lebih baik.

Pemakaian warna-warna cerah (merah, oranye, kuning) pada beberapa bidang ekspos turut memperkuat aksen rumah minimalis dan menjadi titik pusat perhatian lingkungan.

Rumah minimalis menekankan bentuk desain lugas, polos, sederhana, tidak rumit, kompak, dan efisiensi ruang. Kesan minimalis juga tampil pada sikap arsitek, atas persetujuan klien sebagai calon penghuni rumah, untuk ?sukarela? mengurangi (mereduksi) berbagai kebutuhan yang tidak penting. Hanya bagian esensial fungsi rumah saja yang tetap dipertahankan sehingga jika rumah tersebut berkesan minimalis merupakan hasil dari sebuah proses. Keindahan rumah minimalis secara optimal terjadi dari kemurnian fungsi itu sendiri.

Perabotan rumah mengikuti bentuk dasar geometris bangunan, efisien dan fungsional saja. Penataan cahaya lampu yang cermat dan berseni (lampu sorot, lampu tanam, lampu gantung, lampu taman) membuat rumah minimalis tampak lebih artistik pada malam hari.

Konsep minimalis Barat cenderung kepada rasional fungsional yang lebih menekankan pada fungsi ruang dan ekspresi kejujuran material. Adapun konsep minimalis Timur sangat dipengaruhi filosofi Zen-Budhisme yang menekankan kesederhanaan, keselarasan, efisien, dan efektif, dan menyimbolkan kekosongan dan keheningan (nilai spiritual) agar setiap ruang yang tercipta jernih, polos, dan bening, sehingga ruang dapat dihayati kebesaran Sang Pencipta. Menjadi minimalis yang alami.

Tahun minimalis

Penataan rumah minimalis mensyaratkan keseluruhan tampilan yang harmonis, perpaduan antara material keras (beton, batu, koral, kerikil, pasir), struktur fisik bangunan dan tanaman, warna-warni eksotik, serta elemen pendukung (lampu, kolam, bangku, patung, perabot). Minimalis mensyaratkan keselarasan bahan, bentuk, warna, dan tekstur dengan kesan ingin yang disampaikan, hangat, intim, romantis, alami, atau futuristik. Permainan warna dengan tema monokromatik, seperti gradasi satu-dua warna primer, menciptakan kesatuan ruang antara rumah dan taman.

Tahun ini memang merupakan tahun rumah dan taman minimalis yang kompak, trendi, dan praktis menjadi pilihan favorit para konsumen rumah, yang dengan jitu dibaca oleh para pengembang properti. Dan masih laris manis.

Rumah minimalis akan terus berkembang seiring kreativitas arsitek, inovasi desain, dan ditunjang kecanggihan teknologi, yang hadir dengan terobosan segar, detail semakin sempurna, dan harga yang semakin terjangkau karena konsep minimalis sebenarnya bertujuan desain fungsional, esensial, dan terjangkau.

Bangunan dirancang dan dibangun hemat energi (minimalisasi listrik untuk penerangan dan pengondisi udara di siang hari) sesuai iklim tropis. Kreativitas dan pengoptimalan bahan dan teknologi lokal yang sudah teruji akan menghemat biaya pelaksanaan dan perawatan. Rancang bangun membudayakan pemakaian hemat air dan memaksimalkan lahan hijau sebagai sumur resapan air (kebutuhan dan suplai air bersih terjaga seimbang). Rancang bangun mengolah limbah air kotor, septic tank, dan sampah secara kolektif, terpadu, dan tuntas.

Rumah memiliki sistem terbuka yang hadir dengan teras-teras lebar yang meneduhkan (hemat pemakaian kipas angin dan AC), distribusi void-void (taman dalam, kelancaran sirkulasi udara dan cahaya), pintu-jendela tinggi lebar dari plafon hingga lantai dilengkapi jalusi (krepyak) (pasokan udara dan cahaya) dan ketinggian lantai yang rata (perluasan ruang), dinding transparan (kaca, glassblock, fiberglass, kerawang) lengkap dengan lubang angin, atap hijau (rumput, taman) disertai skylight (yang bisa dibuka tutup).

NIRWONO JOGA, Penggiat Arsitektur

Temukan informasi lain mengenai Apartment Suites, Penthouse Suites, Jual Apartemen, Penthouse For Sale, Kemang Village hanya di Apartment & Penthouse Suites : Jual Apartemen / Penthouse For Sale - Kemang Village 88DB.com

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action