Kamis, 11 September 2008

Koleksi Lukisan Atau Berinvestasi Di Dunia Seni

Jika Anda berminat untuk berinvestasi atau pun mengkoleksi gambar lukisan, karya lukisan atau kerajinan tangan yang berbentuk lukisan maka ada beberapa hal yang penting, yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan sebelum membeli lukisan-lukisan tersebut di galeri gambar lukisan atau di galeri lukisan. Setidaknya ada tiga hal penting yaitu :

Keaslian.
Sebaiknya Anda menjalin kerjasama atau relasi dengan pengamat atau kurator seni lukis dan balai lelang Galeri Lukisan Makassar, Galeri Gambar Makassar dan Galeri Gambar Lukisan Makassar sehingga Anda akan memperoleh petunjuk-petunjuk untuk setiap lukisan yang Anda minati (jika anda tinggal di sulawesi). Sehingga kemungkinan untuk memperoleh lukisan atau benda seni yang dipalsukan juga kecil, karena balai lelang dan galeri Indonesia dapat mengidentifikasikan Gambar Lukisan Makassar. Selain itu jika kita terpaksa harus jual lukisan kembali maka balai lelang dapat memberikan saran untuk nilai jual lukisan Makassar saat itu, sehingga Anda tidak akan dirugikan.

Kualitas
Sering-seringlah melihat dan mempelajari kualitas lukisan atau benda-benda seni tersebut dari katalog-katalog seni yang biasanya di terbitkan oleh balai lelang, katalog saat sedang ada Galeri Permata, Galeri Permata Makassar atau buku-buku apresiasi benda seni. Dengan seringnya Anda melihat bentuk dan ciri-ciri dari benda seni yang asli juga dapat mencegah Anda untuk memperoleh suatu produk yang palsu. Terutama jika lukisan atau perhiasan perak tersebut termasuk sangat langka, namun walaupun langka bentuk fisik yang cacat pun akan sangat mempengaruhi nilai jual kerajinan perak kembali di toko toko perhiasan. Lebih seringlah menghadiri pembukaan pameran seni, disana Anda tidak hanya akan terbiasa melihat kualitas seni yang asli namun juga dapat mengembangkan relasi dengan menjumpai pemilik galeri perhiasan perak Makassar dan sang pelukis serta biasanya pada saat pembukaan juga hadir beberapa kurator seni, sehingga jika suatu saat Anda membutuhkan informasi dan saran tidak akan terlalu bingung harus untuk meminta pendapat kemana karena para ahlinya sudah di tangan Anda.

Sejarah Benda
Terkadang kita dapat temukan suatu benda yang belum sangat tua tetapi ternyata nilai jualnya sangat tinggi, ternyata lukisan tersebut selain merupakan produk asli dan memiliki kulitas yang sangat bagus juga memiliki nilai history sebagai karya terakhir dari sang pelukis yang berhasi di selesaikannya. Nilai sejarah suatu benda seni dapat mengangkat nilai jualnya kembali. Misalnya sebuah lukisan karya Hendra Gunawan yang pernah di koleksi oleh keluarga orang terkenal akan lebih tinggi nilainya dibanding dengan lukisan dengan berkualitas sejenis yang dibuat oleh pelukis yang sama.

Demikanlah saran yang dapat saya berikan kepada Anda yang berminat untuk berinvestasi atau mengkoleksi lukisan dan benda seni lainnya. Atas perhatian yang telah di berikan saya hanya dapat mengucapkan terima kasih.

http://www.pintunet.com/

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action