Rabu, 02 Juli 2008

Tips Menghemat Performance Komputer dalam Penggunaan Program Komputer


Sebagian besar pengguna komputer sebenarnya tidak menyadari bahwa banyak diantara kemampuan komputernya yang tidak mereka manfaatkan. Ibaratnya orang menaiki mobil yang lengkap dengan semua fasilitas dan tersedia, namun dibiarkan tanpa didayagunakan atau bahkan disentuh. Tentu saja semua fasilitas itu menjadi tersedia namun sia – sia keberadaannya. Atau seperti sebuah rumah mewah yang lengkap dengan semua lampu disetiap ruangan menyala, namun tidak didayagunakan. Itulah yang terjadi pada sebagian (banyak) pengguna komputer awam.

Dengan melakukan penghematan pada berbagai kemampuan (sumber daya) tersebut, akan dapat diperoleh penghematan yang sangat membantu penggunaan komputer anda. Dengan cara demikian, maka kemungkinan komputer andapun akan memperoleh performance yang lebih baik.

Misalnya pada komputer dengan sistem operasi Windows (Xp), pada keadaan default, windows biasanya akan meload semua service(driver, device, service). Tentu saja kadang anda perlu melakukannya, namun menghidupkan semua service tadi anda akan mempunyai masalah sebagai berikut ;

Berikut teknik yang bisa anda terapkan ;

Membatasi jumlah service atau peng-upload-an service/program yang tidak perlu. Caranya, ketahui apa saja yang menjadi pekerjaan rutin anda (service harus tersedia) dan apa saja yang tidak (jarang).
Beberapa program atau servis komputer yang tidak anda gunakan bisa anda matikan dan anda hidupkan saat memerlukannya.
Caranya bisa sebagai berikut ;

Klik “Start menu” , klik “Run” ketikkan “msconfig”. Akan muncul “System Configuration Utility” kemudian klik “services”. Semua service atau program yang terinstal dalam komputer anda akan terlihat, agar tidak bingung anda bisa menyembunyikan service yang disediakan oleh windows. Caranya, beri tanda mark pada kotak “Hide All Microsoft Services”, sekarang semua program windows akan hilang (tersembunyi), dan tinggal program – program lainnya. Pilih program – program yang tidak anda perlukan, hilangkan tanda mark (centang), maka program tersebut, tidak akan di-load saat komputer anda booting.

Untuk mematikan program lainnya, hilangkan lagi tanda mark pada “Hide All Microsoft Services” di atas. Sekarang matikan kembali program – program windows yang hanya jarang anda gunakan, semisal “Help”, Telephone”, “Program Network” dan lain – lain. Program – program tersebut, tidak akan hilang, hanya tidak di “load” saat komputer booting.

Dengan demikian saat komputer booting ulang, semua service tadi tidak di “load” namun anda masih bisa menghidupkan saat anda memerlukan. Caranya dengan menghidupkannya dari “Start menu”, klik start menu, klik “All program”, dan pilih program yang ingin anda hidupkan. Jangan lupa pada saat anda menutup, sistem konfigurasi tadi beri tanda mark pada “Selective start up” (General).

Ada cara lain untuk meningkatkan penghematan dan bisa anda dapat pendayagunaan kemampuan komputer yang lebih baik. Cara itu yaitu dengan hanya memasang program – program yang anda perlukan. Program – program komputer yang tidak anda butuhkan bisa anda hilangkan, dan hanya anda pasang saat – saat anda mulai membutuhkannya.

Dengan demikian anda akan memperoleh 2 keuntungan langsung yang dekat ;
· Penghematan pendayagunaan komputer anda· Penghematan ruang hard disk (hard disk drive)

Dengan menggunakan teknik di atas, pendayagunaan komputer anda akan lebih efisien, dan bisa anda peroleh kecepatan komputer yang lebih maksimal. Sebagian menganjurkan, agar semua service dihidupkan, dengan demikian saat komputer memerlukan service sudah tersedia. Memang ini akan mempercepat, namun anda akan menemui masalah seperti di atas. Selain itu, anda juga bisa memilih, artinya jika suatu program atau sebah program memerlukan service, maka service itu harus dihidupkan. Tentu saja anda harus mengetahui, kebutuhan – kebutuhan apa saja yang anda perlukan. (jaka w)

source : http://mycs.id.or.id/blog/2008/06/tips-menghemat-performance-komputer.html

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action