Selasa, 01 Juli 2008

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Hari Raya

Menjelang hari raya, masalah finansial seringkali menjadi masalah utama sebagian besar orang akibat begitu banyak kebutuhan. Terkadang kebutuhan yang besar ini akhirnya menyebabkan kekhawatiran keuangan Pribadi.

Sebenarnya kekhawatiran atau kekurangan keuangan ini dapat dihindari dengan merencanakan pengeluaran selama liburan hari raya sama seperti anda merencanakan keuangan hidup sehari-hari.

Mengetahui apa yang anda ingin dan mengapa anda menginginkannya adalah kunci untuk tetap berada dalam posisi kemampuan anda sehingga mengurangi stress dalam semua hal yang kita lakukan.

Berikut beberapa tips menjaga liburan hari raya tetap bebas dari stress:

* Rencanakan prioritas kebutuhan selama hari raya sehingga anda dapat memperkirakan berapa besar keuangan yang diperlukan.

* Buat daftar kebutuhan selengkap mungkin seperti kartu ucapan, dekorasi rumah, hadiah, makanan, hiburan dan semua biaya perjalanan.

* Jika anda tidak memiliki cukup uang tunai untuk memenuhi semua kebutuhan itu, ada dua pilihan yang bisa anda lakukan: memotong pengeluaran untuk dapat menyesuaikan dengan kemampuan atau melakukan kredit pinjaman. Jika anda berencana melakukan kredit pinjaman uang tunai, pikirkan bagaimana anda membayarnya.

* Hati-hati dengan perusahaan kredit yang seringkali menaikan batas kredit pada saat hari raya untuk mendorong pembelian.

* Ketika anda memutuskan untuk memberikan hadiah, pastikan keuangan anda cukup dan belilah hadiah yang sesuai dengan kemampuan anda yang terpenting semua merasakan kesenangan di saat hari raya.

* Hari raya identik dengan pesta dan pakaian baru. Apabila anda memutuskan untuk membeli pakaian, sewajarnya saja, manfaatkan kesempatan potongan harga untuk sedikit menghemat pengeluaran.

source : http://www.arthazone.com/

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action