Jumat, 04 Juli 2008

tips melakukan perjalanan wisata bersama keluarga atau sendiri




Merencanakan suatu perjalanan wisata memang sangat menyenangkan, apalagi didukung oleh sarana yang memadai. Bahkan, setiap perjalanan bisa menjadi pengalaman hidup yang tak terlupakan, Ada beberapa tip yang bisa Anda gunakan agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan bila ingin tour lewat biro perjalanan wisata (BPW) :

Rencanakanlah perjalanan Anda dengan matang, ada baiknya melakukan reservasi atau pemesanan empat bulan dimuka, sebelum hari keberangkatan. Merencanakan perjalanan jauh-jauh hari sebelumnya lebih menguntungkan karena BPW bisanya memberikan diskon yang cukup menarik.

Berhati-hatilah dalam memilih biro perjalanan wisata dan pilihlah yang berkualitas. Tidak semua agen perjalanan mampu menyediakan hal-hal yang dibutuhkan pelanggan, untuk itu Anda harus jeli memilih yang berkredibilitas tinggi.

Perhatikanlah dengan seksama paket-paket wisata yang ditawarkan oleh biro perjalanan wisata ( tour and travel agent ). Janganlah terlena dengan iming-iming harga murah. Ada baiknya, Anda memperhatikannya kesuaian antara harga dengan fasilitas yang akan diperoleh.

Perhatikan juga keseluruhan isi dari paket Wisata yang akan dibeli. Apakah sudah sesuai hotel, pesawat, dan tempat yang ditawarkan.

Agar perjalanan Anda bisa lebih menyenangkan dan Anda tidak perlu repot-repot lagi memikirkan acara di tujuan wisata, konsultasikan keinginan Anda karena pihak biro perjalanan wisata biasanya siap membantu dari keperluan A sampai Z.

Sebelum melakukan perjalanan wisata terutama ke luar negeri, perlu membekali diri dengan dokumen perjalanan, buku panduan wisata, pakaian yang disesuaikan dengan suhu ataupun musim negara setempat dan tentu saja uang saku yang cukup.

Jagalah tubuh Anda agar tetap fit. Misalnya dengan tidur yang nyaman saat melakukan perjalanan. Jika perlu gunakan penutup mata serta kuping agar tidur Anda tak terganggu. Jika memungkinkan tidurkan tempat duduk serendah mungkin agar tidur Anda bisa lebih nyaman.
Selain peta jalur alternatif, bekal apalagi yang sepatutnya disiapkan agar perjalanan mudik Lebaran bisa aman dan nyaman?

Bersih dengan cara hemat.
Kalau mau hemat, siapkan serbet kain atau handuk kecil yang bersih. Selain serbet kering, siapkan serbet lembap (basahi air masak, lalu peras), lipat, simpan dalam kantung plastik. Tetap aman tanpa berbau hingga 12 jam perjalanan. Berguna untuk mencuci tangan. Dalam kondisi darurat, bisa dimanfaatkan untuk membasuh wajah atau memandikan.

Tentu saja, kalau mau praktis kita boleh menggantinya dengan tisu basah dan tisu kering. Namun konsekuensinya, kita ikut memberi andil pada pemborosan sumber daya lingkungan.
Air putih jangan Iupa.
Air putih masak atau air kemasan merupakan bekal multiguna. Kegunaan utamanya adalah sebagai air minum, tapi dalam keadaan betul-betul darurat bisa digunakan betul-betul darurat bisa digunakan untuk berbagai kegunaan di luar tubuh, seperti mencuci makanan mentah atau membasuh. Pilih air kemasan yang jernih dan tidak berwarna, tidak mengandung bahan asing yang melayang-layang, dasar botol bagian dalam tidak berjamur. Yang terpenting, beli merek yang sudah dikenal luas, tutupnya bersegel, dan tidak dijual di tempat yang langsung tertimpa sinar matahari.

Membawa Obat-Obatan Pribadi Saat Berlibur
Saat Anda sedang melakukan perjalanan jauh, atau pergi travel tentu kenyamanan dan selamatan diri harus dijaga. Salah satunya adalah dengan membawa obat-obatan yang memang diperluakan bagi Anda. Apalagi bagi Anda yang memang punya penyakit tertentu yang harus segera mendapat penanganan. Berikut tips yang harus Anda lakukan jika Anda punya masalah dengan kesehatan.

Masukkan obat-obatan Anda ke dalam tas yang akan Anda bawa ke mana-mana. Hal ini menghindari hilangnya bagasi di tengah perjalanan.
Bawalah obat dalam botol atau kemasan aslinya lengkap dengan surat keterangannya untuk keperluan pihak keamanan.

Dokumen-dokumen perjalanan yang akan Anda perlukan sewaktu-waktu saat melakukan perjalanan bisa ditempatkan di satu tas yang ukurannya lebih kecil dari koper atau ransel. Selain dokumen, tas ini memuat antara lain:

Tanda pengenal, bisa berupa KTP (untuk perjalanan dalam negeri) atau paspor ( untuk perjalanan ke luar negeri)
Dompet
Surat izin mengemudi
Kartu asuransi atau surat-surat yang digunakan pihak asuransi
Kartu kredit
Traveler check
Kupon-kupon yang ingin Anda pergunakan
Tiket penerbangan, tiket perjalanan cruise atau tiket kereta api. Letakkan dimana Anda cepat menemukannya
Segala informasi yang dibutuhkan dalam rencana perjalanan. Konfirmasi nomor dan alamat-alamat serta nomor telepon tempat dimana Anda akan menginap
Brosur dan peta perjalanan
Uang kecil untuk tips

source : http://ariefantasista10.wordpress.com/

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action