Jumat, 11 Juli 2008

Tanaman Ficus

Ficus merupakan tanaman ornamental yang sudah cukup dikenal dan cukup lama berkembang sejak jaman Victoria. Yang banyak dikembangkan pada awalnya adalah Ficus elastica (tanaman karet), namun sekarang yang lebih banyak berkembang adalah Ficus elastica robusta dan F. elastica decora.

Ficus yang memiliki satu warna daun lebih mudah dibudidayakan daripada yang jenis variegata. Yang perlu diperhatikan dari tanaman ini adalah waktu pemberian air. Jangan sampai tanaman ini mengalami kelebihan air karena dapat menyebabkan kerontokan daun.

F. benjamina saat ini juga populer, daunnya tidak begitu besar dan mempunyai banyak cabang. Ficus termasuk tanaman yang lambat pertumbuhannya.

Tipe:

  • F. elastica, varietas Decora dikenal dengan nama tanaman karet (rubber plant), robusta mempunyai daun lebih besar, dengan warna daun hijau tua. Black Prince seperti Robusta warna daunnya mendekati warna hitam. Tipe variegata yang ada mempunyai warna tambahan putih/ kuning. Doescheri memiliki tulang daun bagian tengah warna merah muda. Schrijuereana mempunyai motif seperti marmer, Tricolor mempunyai bintik-bintik merahmuda keunguan, Variegata mempunyai tepi daun warna krem.
  • F. benjamina, mempunyai daun yang lebih kecil dengan batang bercabang-cabang.Varietas yang ada Hawai, Natasha, Variegata, Starlight, Gold Princess, varietas Nuda mempunyai daun yang sempit.

Tips:

  • Udara hangat, suhu minimal 55 F
  • Cahaya, sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung
  • Jaga kondisi media tanaman tetap lembab
  • Penggantian media tahun sekali
  • Perbanyakan dengan stek batang

Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action