Jumat, 04 Juli 2008

Merancang Navigasi Website

Navigasi pada sebuah website yang tertampil pada menu dan links adalah petunjuk bagi pengunjung terhadap halaman - halaman yang terdapat dalam website. Pengunjung akan semakin mudah menemukan halaman - halaman dalam website Anda jika menu - menu dan link yang ada tampil secara terstruktur. Sudah pasti pengunjung akan kesal apabila tidak mendapatkan halaman website yang ia cari gara - gara navigasi yang ruwet.

Rencanakan dengan Baik

Hal yang mutlak dilakukan sebelum mulai membuat web tentunya adalah pembuatan konsep website itu sendiri. Konsep tersebut akan memuat navigasi dasar dalam bentuk “tree view” (bercabang dan beranting) dari mulai konten yang bersifat umum hingga konten yang bersifat mendetail. Inilah garis besar navigasi dari situs yang akan dibuat.

Dimana Navigasi diletakkan

Seperti telah dikemukakan di atas, bahwa navigasi akan membawa pengunjung dari hal - hal yang bersifat umum sampai hal - hal yang bersifat mendetail. Halaman utama (index) tentu saja akan memuat menu website yang pokok yang bersifat umum. Percabangan dari menu - menu inti tersebut dapat diletakkan pada halaman - halaman cabang dari index.

Alternatif lain, Anda dapat menggunakan javascript untuk menampilkan menu dan sub-menu sekaligus.

Konsisten

Sebisa mungkin jangan merubah letak menu pada setiap halaman web sehingga pengunjung web lebih mudah menemukan menu - menu tersebut. Misalnya menu utama berada di atas, setelah itu pada halaman - halaman yang terdapat dalam menu utama dapat ditampilkan sub-menu di sebelah kiri atau kanan halaman.

Spotty!

Buatlah menu dengan menonjol sehingga pengunjung mudah mengenalinya. Hal ini tentu saja harus digabungkan dengan unsur estetika sehingga menu - menu tersebut dapat sejalan dengan konsep desain website yang dibuat.

Singkat & Deskriptif

Kata - kata yang terdapat dalam menu harus mampu memberikan petunjuk yang jelas dan singkat tentang halaman website di bawah menu tersebut. Gunakan istilah - istilah yang lazim, singkat, dan mudah dipahami.

Berikan Petunjuk pada Pengunjung

Akan lebih baik jika pada halaman website memuat secara singkat struktur web yang sedang di tampilkan. Misal : Tentang Kami >> Visi & Misi >>

Berikan Link ke Halaman Utama

Jangan lupa untuk memberikan/memberikan link ke halaman utama atau link ke halaman dalam “parent topic”. Ini akan memudahkan pengunjung jika situs Anda di bangun dalam struktur menu dan submenu yang cukup kompleks.

Sitemap

Kita sebaiknya membuat sitemap yang linknya berada di setiap halaman web. Ini akan semakin memudahkan dan mempersingkat proses pencarian halaman - halaman website oleh pengunjung.

Jika pengunjung merasa nyaman dalam mengunjungi website Anda, maka akan semakin baik pula isi website dapat diterima oleh pengunjung.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action