Rabu, 09 Juli 2008

MEMILIH SEPATU

Dengan semakin beragamnya jenis dan fungsi sepatu, memilih sepatu menjadi lebih sulit. Meski hanya untuk diinjak dan letaknya di bawah kaki, memilih sepatu yang pas bukan hal yang gampang. Memilih sepatu jangan cuma yang pantas dilirik dan menarik hati. Bukan berarti juga harga sepatu yang mahal menjamin untuk nyaman dipakai. Sepatu murah atau mahal tidak menjamin apapun. Sepatu yang tidak nyaman dikenakan dapat membuat kaki lecet dan mengurangi rasa percaya diri.

1. Jika lengkungan telapak kaki tinggi. Jenis kaki ini termasuk kuat, namun seluruh telapaknya tidak menginjak tanah bila berjalan. Akibatnya bila berjalan terlalu lama dapat menyebabkan sakit pada bagian tumit, lutut bahkan tulang belakang. Sebaiknya gunakan alas kaki khusus yang mengikuti bentuk kaki sehingga kaki terasa lebih nyaman dan tidak mudah lelah.

2. Jika telapak kaki datar. Gunakan model sepatu yang alas kakinya terbuat dari kanvas bukan karet sintetis atau plastik dan seluruh permukaan pun harus kuat dengan mengikuti bentuk kaki, sehingga dapat membantu pijakan kaki tetap kuat dan stabil.

3. Kedudukan hak sepatu. Pastikan kedudukan hak sepatu stabil dan tidak goyang sehingga nyaman digunakan dan tidak mudah keseleo.

4. Sisakan jarak antara jari yang paling panjang dengan ujung sepatu, agar kaki tidak lecet. Jarak ini tidak boleh terlalu besar atau kecil untuk menghindari rasa nyeri, sebaiknya tidak lebih dari setengah inci.

5. Cobalah berlutut untuk mengetahui tingkat fleksibilitas sepatu. Sepatu yang kaku hanya akan membuat kaki anda mudah lelah dan lecet.

6. Pilihlah sepatu yang ringan, khususnya bagi anda yang sering berjalan kaki untuk kenyamanan kaki.

7. Sebaiknya gunakan sepatu yang sol bagian atasnya masih memungkinkan kaki untuk bernafas, untuk mengurangi tingkat kelembaban dan menghindari bau tak sedap.

8. Belilah sepatu di sore/malam hari, atau setelah jogging. Karena kaki cenderung membesar setelah beraktifitas seharian, sehingga lebih baik mencoba sepatu di kondisi ukuran terbesarnya, sehingga Anda tidak akan mempermasalahkan ukuran sepatu setelah membelinya. Bila membeli di pagi hari, bisa jadi terasa lebih kecil saat digunakan di sore hari.

9. Sesuaikan jenis sepatu dengan tujuan memakainya. Saat ini banyak jenis sepatu yang disesuaikan dengan tujuan pemakaian, seperti sepatu khusus olahraga (misalnya sepatu basket), lari, berjalan dan sebagainya. Dengan begitu, sepatu pun akan menopang kaki dengan baik sehingga tidak menimbulkan keluhan di bagian lain.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action