Senin, 07 Juli 2008

CARA MERAWAT KOMPUTER

Sistem Windows XP Rusak?

Sistem Windows XP Rusak?, dengan banyaknya bermunculan virus - virus baru terutama virus lokal atau dari luar, maka banyak sistem mengalami kemacetan, yang dulu kinerja komputer cepat kini menjadi lambat atau langsung hang (Macet sistemnya). Sebetulnya solusi yang terbaik, komputernya sebaiknya jangan menerima file dari luar kalau Anti virus tidak pernah terupdate setiap hari, kenapa karena perkembangan virus komputer sekarang semakin cepat sejak dibuka open source code sistem.

Kadang sudah terpasang anti virus tapi masih tembus sistemnya karena ada virus terbaru lagi, virus itu semakin lama semakin berkembang, karena ulah seseorang untuk menguji pertahanan sistem komputer yang dipakai atau sekedar mencoba kepandaian seseorang sampai dimana kemampuan virus tersebut yang sudah diciptakan, apa mampu menerobos pertahanan sistem yang sudah dipasang antivirus tetapi kena juga sistemnya.

Sampai sekarang virus lokal kebanyakan menyerang sistemnya dulu lalu data komputer. celakanya kadang kita langsung dipasang anti virus yang belum tentu bisa membersihkan, malahan kadang langsung mendelete atau menghapus file yang ada di komputer.

Tips Cara Membersihan Virus :

1. Virus lokal kebanyakan menyembunyikan file atau folder (Hidden) dan langsung masuk ke Starup, karena kebanyakan bekerja lewat starup dulu. Maka menyebar ke sistem dan data karena kerja terus.

- Sebelum membersihkan virus sebaiknya cek dulu apa masih mampu tidak anti virus yang sudah dipasang, kalau tidak update terbaru, tetapi belum bisa membersihkan berarti anti virus tidak mengenali virus yang sedang terjangkit pada sistemnya kalau diteruskan biasanya antivirus malahan menghapus file.

- Kalau bisa antivirus orisinil atau yang asli, karena kalau kita pakai antivirus yang free biasanya membersihkan kurang akurat.

- Cari solusinya lewat internet dengan data pencarian lewat google search kalau sudah ketemu baru kita download, tetapi hati - hati kadang waktu download antivirusnya kena virusnya. Atau kirim yang file kena virus terus di kompres dengan menggunakan winrar atau sejenisnya, lewat perantara antivirus yang sedang dipakai dan tunggu biasanya dijawab lewat email.

2. Antivirus baru sudah dapat atau dapat jawaban dari email.

- antivirus yang lama di komputer hapus dulu atau uninstall, remove antivirus dan install virus terbaru yang bisah mengenali virusnya.

- Pakai antivirus lokal sebaiknya lewat Safe Mode :

  1. Mengembalikan sistem dulu ke semula, biasanya kalau sistem sudah kena virus maka sistemnya kacau, solusinya harus menggunakan Repair.bat yang sudah download.
  2. Kemudian menggunakan Goback.
  3. Tujuanya File yang disembunyikan atau dihidden dibuka dulu
  4. Atau Buka Explorer di windows lalu pilih Tools, Folder Opstions, View, Klik Show Hidden File, Klik Hide Extentions, Klik Hide protected operating system.
  5. Bersihkan sistemnya dengan menggunakan antivirus lokal
  6. Pilih Menu Start, Run, ketik msconfig, pilih startup dan pilih disable All, klik apply dan Ok.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action