Jumat, 04 Juli 2008

3 Langkah Mudah Membuat Web Portal Dengan CMS

Untuk membuat web portal itu mudah, Anda tidak perlu menjadi seorang webmaster yang handal. Begitu banyak website yang menyediakan layanan domain gratis dan hosting gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat web portal tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal selain ongkos untuk berselancar di internet ini.

Lalu apa web portal itu? Web Portal adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam.

Berikut 3 Langkah Mudah Membuat Web Portal Dengan CMS tanpa biaya :

  1. Memilih Software CMS yang gratis


Bermacam-macam cara untuk membuat suatu web portal, salah satunya Anda bisa gunakan CMS (content management System). Dengan CMS anda dapat membuat website lengkap dengan mudah dan cepat. CMS ada yang open source (kode sumbernya diberikan secara gratis) dan ada yang commercial (kode sumbernya harus dibeli).

Biasanya CMS yang open soure juga menggunakan server web programing yang gratis. CMS yang cukup terkenal dan paling banyak digunakan adalah PHP-Nuke dan Joomla. Kabar baiknya, orang Indonesia telah membuat software CMS yang di berikan secara gratis bagi siapa saja yang ingin membuat web portal dengan CMS. Software CMS tersebut di beri nama AuraCMS, yang bisa Anda download secara gratis.

  1. Memilih Domain Gratis


Setelah Anda yakin ingin menggunakan AuraCMS untuk membangun web portal Anda, langkah selanjutnya Anda harus mempunyai sebuah domain terlebih dahulu. Jika Anda ingin yang gratis untuk nama domain website Anda, bisa Anda gunakan domain co.cc.

Tentunya Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakan domain co.cc. Berita menariknya domain co.cc ini telah support dengan Bahasa Indonesia.

  1. Memilih Hosting Gratis


Kemudian setelah Anda mempunyai Software CMS untuk web portal dan domain co.cc, telah Anda pilih untuk dijadikan alamat website Anda, langkah terahir Anda memilih hosting. Di dunia maya ini juga banyak sekali yang menyediakan layanan hosting gratis.

Apabila Anda masih sayang dengan uang Anda untuk membeli hosting! Coba anda gunakan layanan hosting gratis 000webhost. Hosting gratis dengan space 250 MB ini, cocok untuk menampung software AuraCMS. Hosting gratis ini mempunyai banyak fitur-fitur yang cukup menarik di antaranya adalah 250 MB of disk space, 100 GB of data transfer, support PHP and MySQL, cPanel control panel, FTP Exsternal dan masih banyak lagi fitur-fitur lainya.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action