Jumat, 13 Juni 2008

Tips & Trick Cetak Digital Untuk Hasil Yang Memuaskan


Bagi kita yang terbiasa berhubungan dengan dunia cetak baik itu dokumen, poster, selebaran, ataupun photo tentunya kehadiran digital printing cukup menyenangkan karena dengan proses digital printing services data bisa dilakukan secara cepat dan fleksibel. Hal ini disebabkan dalam proses pencetakan digital tidak dibutuhkan film ataupun screen sehingga gambar bisa langsung dicetak dari komputer.

Sama dengan pencetakan konvensional ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita akan melakukan cetak digital agar hasil cetakan yang kita peroleh bisa maksimal. Beberapa hal utama yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Ukuran file, usahakan ukuran file sesuai dengan kebutuhan anda,. Apabila anada akan mencetak dalam ukuran besar usahakan ukuran file anda juga besar minimal 50% dari ukuran aslinya.
  2. DPI file, DPI ( Dot Per Inch ) angka yang menggambarkan seberapa banyak titik per unit dalam gambar anda. DPI berkorelasi dengan ukuran file, apabila ukuran file anda sudah 100% maka DPI file tidak perlu besar dan apabila ukuran file kurang dari 100% maka DPI file harus besar.
  3. Media cetak, dalam cetak digital printing company media cetak sangat mempengaruhi hasil cetak sehingga dalam pemilihan media cetak harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kita sendiri. Misalkan kita ingin mencetak photo maka media cetak yang kita gunakan adalah kertas photo ( high glossy photo paper ).
  4. Mesin cetak yang digunakan untuk mencetak, dalam hal ini kebanyakan konsumen kurang begitu memperhatikan karena tidak semua outlet digital printing memberikan info spesifikasi mesin yang dipakai. Secara garis besar untuk cetak indoor DPI mesin minimal adalah 720 dan untuk outdoor 400.

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action