Kamis, 26 Juni 2008

Tips Keselamatan Konser Musik / Pagelaran Seni

Kadang kala konser yang tadinya dijalankan sebagai ekspresi kegembiraan bisa berubah menjadi malapetaka kalau tidak ditangani dengan benar. Sudah sering kitra mendengar konser yang berakhir dengan korban jiwa karena rusuh di antara penonton, bahkan tak jarang juga dari rusuh itu, band penampil kena getahnya. Berikut ada beberapa tips yang bisa diperhatikan demi keselamatan manggung.

* Kenali jalur keluar. Ini sangat penting. Pastikan kita tahu semua jalur keluar dari venue termasuk emergency exit. Pastikan juga kawan-kawan sesama personil dan kru mengetahui hal tersebut. Dan pastikan juga pintu keluar tidak dikunci. Kalau ternyata dikunci, minta panitia untk membukanya. Jika hal terburuk terjadi, kita akan tahu kemana harus melangkah sekaligus membimbing temen-temen kita.
* Jangan lakukan aksi-aksi bodoh. Kalo lihat band-band metal ada yang pakai main api di atas panggung, tidak usah coba-coba meniru kalau tidak mempunyai operator yang profesional. Seseorang bisa terluka dan band bisa dituntut.
* Jangan memicu kerusuhan. Kita sudah tahu orang suka moshing dan slamming. Jangan memanas-manasi mereka untuk bertindak lebih liar. Fred Durst melakukan ini di Big Day Out dan hasilnya seorang penonton terbunuh.cth : konser musik punk, konser musik metal dan konser musik underground lainya
* Segera laporkan pada panitia bila kita melihat ada bagian dari penonton yang mulai terlalu agresif. Kita yang berada di atas panggung pasti bisa melihat lebih jelas dari pada yang lain.
* untuk lebih nyamanya gunakan jasa event organizer sehingga acara musik anda akan berlangsung dengan lancar dan aman, untuk itu anda disarankan memilih event organizer yang telah berpengalaman dibidangnya cth : event organizer pameran, event organizer pagelaran seni, event organizer Fashion show dan lainya.

Diskusi dengan panitia. Mereka pasti selalu memiliki emergency plan, tanyakan dan pelajari baik-baik.


Sumber :
http://www.lalightsindiefest.com/music.php?newsID=592

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action