Rabu, 18 Juni 2008

Tips Efisiensi Bahan Bakar Saat Mengemudi

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak. Produksi minyak Indonesia memberikan kontribusi terhadap persediaan minyak dunia. Harga minyak dunia yang terus meroket sangat berpengaruh terhadap harga minyak di Indonesia. Dan di saat belum maksimalnya alternatif bahan bakar dan mengingat BBM sudah naik per 24 Mei 2008, yang artinya pemerintah mengurangi subsidi BBM, mau tidak mau kita harus berlaku bijaksana dalam menghadapi kondisi seperti sekarang ini. Berikut kami berikan beberapa tips untuk menghemat bahan bakar.

1. Pastikan kondisi mesin selalu prima.

Lakukan perawatan berkala sesuai dengan petunjuk yang ada di buku petunjuk servis di kendaraan Anda secara periodik. Jangan sampai konsumsi bbm menjadi boros akibat kinerja mesin yang kurang prima.


2. Jaga putaran mesin.

Untuk jalan datar, pertahankan putaran mesin pada kisaran 1000-3000rpm saja. Sesuaikan dengan kondisi jalan yang akan Anda lalui, kalau memang perlu tenaga besar seperti di tanjakan maka berikan tenaga yang besar. Secepatnya pindah gigi yang lebih tinggi dan lakukan penekanan pedal gas seperti Anda “mendorong” angin.

3. Hindari akselerasi berlebihan.

Lakukan akselarasi dengan bijaksana. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda sehingga Anda tidak perlu menekan pedas gas lebih dalam untuk kembali ke kecepatan ideal Anda sebelumnya.

4. Jaga tekanan udara ban diatas normal.

Bila tekanan ban Anda diatas normal, maka penampang ban yang bergesekan dengan permukaan jalan menjadi lebih kecil sehingga mobil tidak terlalu berat yang mengakibatkan mesin tidak ngoyo dan lebih hemat bbm.

5. Setting temperatur AC sesuai kebutuhan.

Bila mobil hanya berisi satu penumpang, maka tidak perlu suhu yang sama seperti dikendarai satu keluarga bukan? Sesuaikan dengan kebutuhan, kecilkan temperatur atau set level kecepatan fan sehingga mesin tidak mengkonsumsi bbm berlebihan. Di saat harga BBM tidak mungkin turun, kita dituntut untuk menyikapi kenaikan BBM dengan sebaik mungkin. Dengan menghemat BBM berarti kita juga telah melakukan hemat energi.

Nah, cukup mudah bukan? Selamat berlibur ..

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action