Rabu, 18 Juni 2008

Pilih-pilih Bisnis Franchise

Anda tertarik bisnis franchise? Franchise memang terbukti banyak memberikan keuntungan terhadap para investornya. Pasar bisnis bidang ini cukup menjanjikan. Hanya saja kejelian perlu dimiliki oleh para calon investor agar tidak salah pilih. Memang benar sangat sulit untuk memulai usaha, tapi tidak salah jika anda mau mencobanya. Berikut beberapa tips untuk memilih bisnis franchise.

Terbukti Sukses. Usaha yang difranchisekan haruslah terbukti sukses. Bagaimana membuktikannya? Sebuah usaha franchise bisa dikategorikan sukses dapat dibuktikan dengan neraca keuangan rugi laba usaha. Bisa juga dibuktikan dengan kasat mata lewat jumlah customer, misalnya antrian pelanggan di counter usaha tersebut.

Unik. Mengapa bisnis franchise harus unik? Karena keunikan ini menjadi nilai tambah yang akan menjadi daya tarik bagi customer. Keunikan bisa ditentukan dari produk bisnis tersebut, bisa juga lewat layanannya. Misalnya, kalau dari segi produk, seperti pisang goreng kremes yang berbeda dari pisang goreng yang umumnya dijual.

Mempunyai sistem dan standar operasional bisnis yang baku yang sudah teruji di lapangan. Anda harus benar-benar melihat operasional bisnis ini secara mendalam. Bukan hanya sekedar mengandalkan omongan atau proposal dari franchisor. Perlu juga dilihat sistem pemasaran karena berkaitan erat dengan masa depan usaha dalam menghadapi tingkat persaingan di industrinya

Setelah anda memilih suatu bisnis franchise, bandingkan dengan dua atau tiga usaha franchise sejenis atau kompetitornya untuk mendapatkan perbandingan yang lebih obyektif sebelum memutuskan membelinya. Terakhir, minta pendapat konsultan franchise sebelum memutuskan membeli waralaba, baik menyangkut hukum, brand perusahaan dan peluang bisnisnya.
Hal yang penting adalah bagaimana manajemen usaha yang diterapkan dalam franchise tersebut. Analisa usaha yang tepat akan membantu perkembangan bisnis ini selanjutnya. semoga sukses!

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action