Selasa, 24 Juni 2008

Paket, Lepasan atau dengan Wedding Organizer?

Mempersiapkan acara resepsi pernikahan membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Hal ini dirasakan bagi mereka yang tinggal di kota metropolitan seperti Jakarta. Kesibukan dalam bekerja dan aktivitas lainnya seringkali menjadi prioritas utama sehingga hanya sedikit waktu yang tersisa untuk keperluan pribadi anda seperti mempersiapkan acara pernikahan.


Secara umum ada tiga cara yang dilakukan masyarakat Indonesia, terutama di daerah perkotaan, dalam mempersiapkan acara resepsi pernikahan, yaitu: menggunakan paket pernikahan, sistim lepasan, atau menggunakan jasa Wedding Organizer.

Paket Pernikahan
Image Paket Pernikahan sering digunakan oleh sebagian masyarakat karena sangat praktis dan ekonomis. Paket ini biasanya banyak ditawarkan oleh vendor-vendor katering disamping memasarkan jasa kateringnya. Harganya bisa beragam tergantung isi yang ditawarkan. Paket dirasakan mudah karena pelanggan hanya cukup menghubungi satu vendor utama (biasanya dari katering) sebagai perantara kepada vendor-vendor yang lain. Namun demikian sistim paket memiliki banyak batasan, antara lain: lokasi gedung, jumlah dan jenis menu katering, kelengkapan pelaminan/dekorasi dan fasilitas dokumentasi. Anda tidak memiliki kebebasan untuk memodifikasi atau merubah paket tersebut, kalaupun bisa anda akan dikenakan harga-harga tambahan yang cukup mahal. Secara keseluruhan sistim ini cocok bagi anda yang fokus kepada dana.

Sistim Lepasan
Sistim ini digunakan kalau anda memiliki banyak waktu luang dan menyukai ornamen-ornamen tambahan. Anda mencari sendiri vendor-vendor pernikahan yang sesuai dengan selera anda, membicarakan rencana-rencana anda dan bernegosiasi dengan mereka. Dari sisi kualitas bisa lebih baik tetapi dari sisi biaya bisa lebih tinggi dibandingkan Paket Pernikahan. Disamping itu anda juga dituntut memiliki pengetahuan yang luas mengenai produk dan harga yang ditawarkan masing-masing vendor.

Jasa Wedding Organizer
Sistim ini sebenarnya perpaduan dari sistim paket pernikahan dan lepasan. Anda ingin suatu acara resepsi yang menarik namun waktu anda sangat terbatas atau anda tidak memiliki kemampuan teknis untuk melaksanakannya. Anda menghubungi Wedding Organizer dan membicarakan rencana resepsi pernikahan yang akan anda buat. Wedding Organizer ini yang nantinya akan membantu anda mencari vendor-vendor yang sesuai dengan acara yang ingin anda buat dan juga batasan dana yang telah anda tetapkan. Selain itu jasa yang ditawarkan oleh Wedding Organizer biasanya lebih luas daripada Paket Pernikahan. Ruang lingkupnya dimulai dari pembuatan konsep acara, penyusunan budget pernikahan dan proposal yang nantinya akan diajukan kepada anda untuk dimintai persetujuan. Selain itu Wedding Organizer membantu anda membuat design kartu undangan, dekorasi pernikahan, pemilihan souvenir, acara foto prewedding, meeting teknis persiapan dengan panitia pesta dan vendor serta koordinasi dengan panitia dan vendor yang terlibat pada saat acara pernikahan berlangsung. Dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan tentunya anda juga dikenakan biaya tambahan untuk jasa Wedding Organizer tersebut.



Source: http://www.revy-weddingorganizer.blogspot.com/

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action