Jumat, 06 Juni 2008

Mitologi dan Simbol Bunga



MITOLOGI BUNGA

Menurut kepercayaan bangsa Romawi, Dewi Flora adalah Dewi tumbuh-tumbuhan, Dewi bunga dan Dewi musim semi. Dewi Flora berperan dalam tumbuh dan mekarnya bunga-bunga di musim semi.Sedangkan menurut kepercayaan bangsa Yunani, Dewi bunga dan musim semi adalah Dewi Chloris.

Dalam mitologi Hindu, bunga mempunyai status yang penting. Digambarkan bahwa Dewa Wisnu berdiri di atas bunga Lotus. Bunga Lotus mempunyai mahkota bunga yang sangat besar dan putik bunga di dalamnya berwarna kuning.

BUNGA SEBAGAI SIMBOL

Para pecinta bunga pasti sudah mengetahui bahwa setiap bunga memiliki makna tersendiri. Bunga yang mekar, segar dan harum mengandung arti yang tersirat. Biasanya setiap bunga menunjukkan perhatian atau simpati, cinta, dan kasih sayang, seperti bunga-bunga yang berikut:

* Bunga Mawar merah sebagai lambang keanggunan, kecantikan, cinta dan hasrat. Misalnya, seorang lelaki yang sedang jatuh cinta pada seorang wanita, memberikan seikat bunga Mawar merah pada wanita tersebut. Warnanya yang merah tua maupun merah muda menunjukkan arti yang romantis. Sedangkan Mawar putih melambangkan kemurnian dan kepolosan.
* Bunga Lily, sering digunakan pada upacara pemakaman, dan sebagai lambang kebangkitan hidup. Bunga Lily diasosiasikan sebagai lambang bintang, matahari, dan bunga yang mekar.
* Bunga Poppy, digunakan sebagai lambang kematian dan sebagai lambang penghormatan pada tentara yang gugur di medan perang
* Bunga Aster, sebagai lambang kemurnian, kepolosan, kesederhanaan, keriangan dan kegembiraan
* Bunga Anyelir, adalah lambang cinta, kasih sayang, dan rasa penghormatan. Oleh karena itu, bunga ini sering disimbolkan dan dihadiahkan kepada orang tua kita, khususnya ibu.
* Bunga Anggrek, sebagai lambang cinta, kecantikan dan keindahan.
* Bunga Matahari, sebagai lambang keriangan, kegembiraan, kebahagiaan.
* Bunga Tulip, sebagai lambang cinta dan kasih sayang. Bunga Tulip juga merupakan bunga nasional negara Belanda.

Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action