Jumat, 20 Juni 2008

Melakukan Perjalanan

Seperti pekerjaan lainnya, melakukan perjalanan juga membutuhkan persiapan. Beberapa pedoman umum yang mungkin berguna sebelum anda mulai melakukan perjalanan:

1. Buat perencanaan.

Tentukan daerah tujuan perjalanan. Cari info wisata sebanyak-banyaknya mengenai tujuan perjalanan anda. Anda bisa berkonsultasi dengan agen travel mengenai paket perjalanan wisata. Entah itu mengenai transportasi pariwisata, tempat penginapan, bagaimana budaya dan etika penduduk setempat, dll. Setelah menentukan tujuan perjalanan dan memperoleh informasi yang cukup, beritahukan kepada keluarga atau orang terdekat mengenai rencana perjalanan anda tersebut. Apabila memungkinkan, tinggalkan nomor telepon yang dapat dihubungi.


2. Percaya pada insting / naluri.

Saat sebelum ataupun sedang dalam perjalanan, dengarkanlah insting anda. Kadang kala naluri kita lebih peka dalam menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila anda merasa sebaiknya tidak melanjutkan perjalanan, atau berpindah cara transportasi, atau kurang nyaman dengan orang yang baru anda kenal dsb, dengarkan dan turuti naluri anda. Seringkali hal ini akan membawa anda terhindar dari mara bahaya.

3. Kenali tubuh anda.

Jangan abaikan apabila anda merasa ada yang aneh dengan kondisi tubuh anda. Hal-hal kecil, seperti pusing, mual dll. dapat berakibat fatal apabila kita mengabaikannya. Terutama saat kita melakukan perjalanan di mana dibutuhkan ketahanan fisik yang lebih besar dari biasanya. Jaga kondisi kesehatan dengan makan minum teratur dan cukup beristirahat. Perhatikan kondisi lingkungan sekitar dan sesuaikan dengan kebutuhan fisik kita agar tubuh dapat beradaptasi dengan mudah, misal : perubahan iklim dll.

4. Bawa perlengkapan yang diperlukan.

Berkaitan dengan perencanaan di atas, bawalah perlengkapan sesuai dengan daerah tujuan tempat wisata kita. Usahakan untuk membawa perlengkapan secukupnya, tidak berlebih (yang berarti menambah beban di tas punggung), namun juga tidak terlalu sedikit (jangan sampai kita kelabakan karena tidak membawa peralatan yang dibutuhkan).

0 komentar:

 
Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action